Advertisement

Jalan Perwakilan Jadi Pintu Masuk JPG Malioboro, PKL Harus Pindah

Sunartono
Sabtu, 12 November 2022 - 13:47 WIB
Bhekti Suryani
Jalan Perwakilan Jadi Pintu Masuk JPG Malioboro, PKL Harus Pindah Suasana di Jalan Malioboro, Kota Jogja, Minggu (5/9/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY menyatakan pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG) akan menjadikan Jalan Perwakilan sebagai pintu masuk sehingga pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu harus pindah.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan JPG akan dibangun di lahan Teras Malioboro 2 dan DPRD DIY. Di dalam gambar, gedung ini akan menjadikan Jalan Perwakilan sebagai pintu utama keluar masuk karena Jalan Malioboro ke depan akan menjadi jalur pedestrian secara penuh. Oleh karena itu para pedagang yang berada di kawasan tersebut harus dilakukan penataan.

Advertisement

"Karena itu Jalan Perwakilan akan menjadi pintu masuk JPG sehingga harus ada beberapa penataan di sana," katanya Jumat (12/11/2022).

Akan tetapi pembangunan JPG ini baru dilakukan setelah pedagang di Teras Malioboro dipindahkan yang saat ini sedang dalam proses untuk pembelian lahan sebagai tempat baru. Kemudian Gedung DPRD DIY rencananya akan dipindahkan ke Jalan Kenari dengan membangun baru. Sehingga proses untuk pembangunan JPG dinilai masih lama.

"Untuk Teras Malioboro ini baru nyicil beli lahan dan tentunya harus ada pembangunan juga. Sedangkan DPRD DIY baru akan dibangun di Jalan Kenari pada 2024 mendatang," katanya.

BACA JUGA: Peminat Haji Khusus di Jogja Terus Naik, Meskipun Ongkosnya Mahal

Terkait pemindahan para PKL di sepanjang jalan Perwakilan sepenuhnya diserahkan kepada Pemerintah Kota Jogja. Terkait kebijakan Pemkot yang mulai meminta pindah para PKL hingga akhir tahun 2022, hal ini sebagai bentuk persiapan. "Kebijakan Pemkot ini merupakan bagian dari persiapan dan antisipasi bahwa pintu masuk JPG ini lewat Jalan Perwakilan," katanya.

Aji mengatakan adanya tuntutan pedagang agar diundur waktu penertiban sebaiknya dikomunikasikan dengan Pemkot Jogja. "Untuk proses penertiban itu dilakukan Pemkot Jogja," ujarnya.

Rangkaian pembangunan JPG diawali dengan sayembara desain yang telah diumumkan pada Juli 2022 lalu. Adapun para pemenang didominasi anak muda milenial dengan karya yang sejalan dengan filosofi hamemayu hayuning bawana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement