Advertisement

Peminat Haji Khusus di Jogja Terus Naik, Meskipun Ongkosnya Mahal

Triyo Handoko
Jum'at, 11 November 2022 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Peminat Haji Khusus di Jogja Terus Naik, Meskipun Ongkosnya Mahal Ibadah haji - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program haji khusus makin diminati masyarakat di Jogja dan sekitarnya. Biro pemberangkatan haji menyebut ada peningkatan pemberangkatan dua kali lipat. Kemudahan perizinan dan waktu tunggu yang tak terlalu lama jadi faktornya.

Waktu tunggu haji khusus di DIY adalah tujuh tahun sejak mendaftar. Peserta program ini perlu menyiapkan US$4.000 untuk mendapatkan jatah kursi pemberangkatan saat mendaftar. Rata-rata total biaya program haji khusus adalah Rp200 juta.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut data Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY, tahun ini ada 300-an calon haji dari DIY yang menggunakan program ini. Pemberlakuan kuota haji khusus dilakukan secara nasional, bukan per daerah. Diperkirakan tahun depan pemberangkatan haji khusus di DIY akan meningkat.

Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag DIY Agus Nur Budianto menjelaskan lembaganya hanya menjadi pintu pendaftaran program haji khusus. “Semua prosesnya diatur oleh Kemenag, di Kanwil DIY kami hanya melayani pemberian formulir pada jemaah saja,” katanya, Jumat (11/11/2022).

BACA JUGA: Harap Sabar, Antrean Haji di Jogja dan Sekitarnya 66 Tahun

Agus menyebut biro haji khusus yang diikuti peserta program tersebut banyak membantu proses pendaftaran. “Biro atau agen haji khusus membantu menguruskan pendaftaran sampai ke Kemenag,” jelasnya.

Lantaran tak ada pembagian kuota per daerah, jelas Agus, proses pendaftaran haji khusus dilakukan secara nasional. “Jadi kuotanya itu ada di Pusat, siapa cepat daftar mereka yang berangkat duluan,” ujarnya.

Ada enam biro haji khusus yang berkantor pusat di Jogja. Selain itu juga ada kantor-kantor cabang. “Semua agen atau biro haji khusus harus mendaftarkan diri ke Kemenag pusat untuk menyelenggarakan usahanya,” ujar dia.

Advertisement

Animo masyarakat DIY, sambung Agus, terhadap haji khusus cenderung meningkat tiap tahunnya. “Kendalanya kemarin pas Covid-19 saja, karena juga dibatasi kuotanya jadi sebesar 45%,” terangnya.

Minimal per pekan ada permintaan formulir pendaftaran haji khusus di Kanwil Kemenag DIY. “Kalau lihat trennya cenderung meningkat,” katanya.

Komisaris Hasuna Tour yang juga mengelola program haji khusus, Wildan Zia Muhammad menyebutkan tahun lalu pihaknya memberangkatkan 157 jemaah haji khusus. “Kalau tahun 2023 mendatang ada 370 jemaah,” ucapnya, Jumat sore.

Advertisement

Tren tersebut meningkat dua kali lipat. “Penyebabnya karena haji reguler waktu tunggunya puluhan tahun, sama ada kemudahan mengurus haji khusus sekarang,” jelasnya.

Kemudahan tersebut, jelas Wildan, adalah pengurusan perizinan. “Salah satu bank syariah pemerintah juga memberikan program keuangan haji khusus, jadi memudahkan calon peserta,” katanya.

Wildan menjelaskan sempat mengelola program haji furoda. “Tapi ketikapandemi kemarin tidak memberangkatkan dan memang tidak terlalu menawarkan program furod,” ucap dia.

Program haji furoda, jelas Wildan, menggunakan sistem sisa kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi. “Bukan lewat Kemenag tapi langsung dengan Arab Saudi, sistemnya cepat-cepatan mengurusnya, tapi ini bisa sangat tidak menentu karena belum pasti kuotanya dan rebutan juga,” ujarnya.

Advertisement

Wildan lebih merekomendasikan program haji khusus karena sistemnya lebih jelas dan ada penanggungjawabnya. “Program haji khusus lewat pemerintah jadi lebih pasti dan terukur, jadi lebih baik itu,” tegasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fantastis! Segini Harta Kekayaan Calon Panglima TNI Yudo Margono yang Dipilih Jokowi

News
| Senin, 28 November 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement