Advertisement

Pedagang Perwakilan Ragukan Keseriusan Pemkot soal Tempat Relokasi

Yosef Leon
Minggu, 13 November 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Pedagang Perwakilan Ragukan Keseriusan Pemkot soal Tempat Relokasi Jalan Perwakilan. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com JOGJA - Pedagang di Jalan Perwakilan, Malioboro, Jogja yang terancam digusur lantaran terdampak pembangunan proyek Jogja Planning Gallery (JPG) meragukan janji Pemkot Jogja yang menyebut akan merelokasi pedagang ke tempat lain setelah toko yang berada di Jalan Perwakilan kosong.

Sebelumnya, Pemkot menyebut dua lokasi telah disiapkan yakni Pasar Beringharjo lantai dua dan Pasar Klitikan yang berada di Pakuncen.  "Mengenai pernyataan Pj Wali Kota di media mengenai relokasi yang sudah disampaikan waktu sosialisasi dan telah ditawarkan oleh Pemkot, saya pastikan itu tidak benar. Menurut kami kemungkinan bapak PJ menerima laporan yang tidak benar," kata Ketua Forum Komunikasi dan Koordinasi Perwakilan (FKKP), Adi Kusuma, Minggu (13/11/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurutnya, sampai saat ini belum ada informasi mengenai relokasi pedagang yang diterima oleh pihaknya. Bahkan hak itu telah disampaikan pada saat sosialisasi pengosongan toko oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Jogja beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Hujan Deras, Sheila on 7 Tetap Guncang Padmanaba Live Myuzyk Festival

Namun, tidak ada kejelasan ke mana pedagang akan ditempatkan setelah toko dikosongkan. Oleh karena itu pihaknya kemudian beraudiensi ke berbagai pihak untuk minta agar ada relokasi. 

"Itulah kenapa kami beraudiensi ke DPRD Kota Jogja dan DIY agar dalam prosesnya kami benar-benar dikawal agar mendapat solusi terbaik. Kami tidak melawan, kami dengan sepenuh hati mendukung program pemerintah. Tetapi kami mohon sampai saat ini kami masih sangat berharap pemerintah bisa hadir untuk memberi solusi, mengingat itu satu-satunya tempat kami mengais rezeki untuk keluarga," ujar dia. 

Penjabat Wali Kota Jogja, Sumadi menyatakan pihaknya telah menyampaikan rencana relokasi kepada pedagang sekitar tiga bulan lalu. Saat itu pedagang ngotot meminta agar tempat baru yang disediakan adalah Teras Malioboro 1.

Namun, lantaran tempat tersebut telah penuh, Pemkot mengklaim telah membrrikan pilihan di Pasar Beringharjo lantai dua dan di Pasar Klitikan Pakuncen. 

Advertisement

"Memang harus segera dikosongkan, karena detail enginering design akan dimulai pada 2023. Pilihan telah kami berikan yakni di Pasar Beringharjo dan Pasar Klitikan Pakuncen," ucap Sumadi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Alasan Glints PHK Karyawan

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement