Advertisement

DIY Optimistis Capai 6 Juta Kunjungan Wisatawan hingga Akhir 2022

Sunartono
Minggu, 13 November 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
DIY Optimistis Capai 6 Juta Kunjungan Wisatawan hingga Akhir 2022 Rombongan komunitas pesepeda dari Jogja Pit Ringkes saat melintas di kawasan Malioboro, Minggu (13/11/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY optimistis jumlah kunjungan wisatawan hingga akhir 2022 ini bakal menembus di atas 6 juta pengunjung. Keberadaan komunitas turut berkontribusi dalam mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisata di DIY. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharjo menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan masih didominasi dari domestik sama seperti sebelum pandemi Covid-19.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Hal ini karena masih adanya kendala seperti penerbangan internasional secara langsung yang masih belum stabil, hingga harga tiket pesawat belum stabil akibat masih naik turunnya harga bahan bakar.

Dari sisi jumlah kunjungan wisatawan DIY pada triwulan II/2022 mencapai 4 juta orang yang mengunjungi destinasi wisata di DIY. Oleh karena itu hingga akhir 2022 ini, dia optimistis jumlah kunjungan wisatawan di DIY bisa menyamai saat situasi normal di 2019 silam.

“Sehingga pada penutupan akhir tahun ini angka kunjungan sudah menyamai di 2019 atau sekitar 6,1 juta orang itu sebelum pandemi. Paling tidak akhir tahun ini bisa sama dengan 2019 atau bahkan lebih,” katanya di kawasan Malioboro, Minggu (13/11/2022).

BACA JUGA: Tutup Rangkaian Festival Sastra Jogja, Jokpin Baca Puisi di KA Bandara

Tak hanya dari sisi kuantitas, kata Singgih, kualitas kunjungan wisatawan juga diperkirakan meningkat karena DIY sudah mulai menuju ke pengembangan quality tourism. Sehingga jumlah kunjungan wisatawan memang diharapkan ada peningkatan, akan tetapi jumlah uang yang dibelanjakan juga ada peningkatan.

Dengan demikian warga DIY turut mendapatkan manfaat secara ekonomi dari kunjungan wisatawan. “Untuk lama kunjungan memang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kalau wisatawan mancanegara 2,4 hari, wisatawan domestik 1,5 hari,” ujarnya.

Advertisement

Dia menambahkan setelah pandemi Covid-19 ini wisatawan DIY lebih cepat pulih dibandingkan daerah lain. Bahkan salah satu kontribusi yang membuat wisata DIY bertahan selama pandemi adalah keberadaan komunitas bersepeda.

Selama pandemi jumlah masyarakat bersepeda kian tinggi dan menjadi salah satu kebiasaan berolahraga yang berkembang menjadi sport tourism.

Pembina Komunitas Jogja Pit Ringkes, Pramusinto mengatakan dengan jumlah anggota hingga ratusan, komunitasnya berkomitmen untuk mendukung pengembangan wisata DIY.

Advertisement

Selama ini dalam berkegiatan komunitasnya selalu menyasar kawasan wisata maupun titik atau spot menarik yang baru mulai tumbuh sebagai destinasi wisata baru. Setiap kegiatan tersebut selalu ada yang dibelanjakan para anggotanya, sehingga perlahan dapat mendukung usaha mikro di sekitar rute bersepeda.

“Termasuk kami mengajak teman-teman dari luar Jogja untuk datang ke Jogja untuk bersepeda mengelilingi kawasan wisata di Jogja. Kami eksplorasi visual setiap destinasi wisata sehingga menimbulkan ketertarikan dari warga luar DIY untuk datang,” katanya.

Adapun kegiatan yang digelar komunitasnya pada Minggu (13/11/2022), diikuti 170 pesepeda yang mengeksplorasi kawasan wisata di area Bantul dengan memulai start dari kawasan Malioboro.

“Selanjutnya kami akan menggelar juga di Gunungkidul dengan mengunjungi kawasan wisata di sana dan mengajak pesepeda dari kota-kota lain,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pencarian Korban Gempa Cianjur Hari Terakhir: 334 Meninggal, 8 Masih Hilang

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement