Advertisement

DIY Beri Subsidi Transportasi kepada Distributor untuk Kendalikan Harga Pangan

Sunartono
Kamis, 17 November 2022 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
DIY Beri Subsidi Transportasi kepada Distributor untuk Kendalikan Harga Pangan Gubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono X (kiri) didampingi Kepala Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta, Budiharto (dua kiri) berdialog dengan salah satu penjual daging di Pasar Kranggan, Jetis, Jogja, Kamis (17/11/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY memberikan subsidi transportasi kepada distributor pangan yang menyuplai barang di tiga pasar Kota Jogja untuk mengendalikan harga jelang akhir tahun. Anggaran senilai Rp1,95 miliar digelontorkan.

Gubernur DIY Sultan HB X mengatakan pemberian subsidi transportasi diharapkan bisa membuat harga tetap stabil.

Advertisement

“Kami akan membantu distributor membiayai transportasi sehingga transportasi yang diambil alih Pemda DIY tidak lagi masuk hitungan harga satuan. Dengan kondisi itu saya yakin harga barang tidak naik,” katanya di sela-sela dialog di Pasar Beringharjo, Kamis (17/11/2022).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Syam Arjayanti menambahkan subsidi diberikan kepada distributor pangan di Pasar Kranggan, Pasar Demangan, dan Pasar Beringharjo. Anggaran yang telah disiapkan melalui APBD DIY sebesar Rp1,95 miliar. Menurutnya tidak menutup kemungkinan subsidi transportasi akan diberikan kepada distributor di pasar lain. 

“Saat ini ada 11 distributor yang mulai kami berikan subsidi transportasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan distributor dipilih melalui survei. Mereka mampu menyediakan barang dalam jumlah besar tetapi berani memberikan harga murah. Komoditas yang mendapat subsidi transportasi meliputi minyak goreng, daging ayam, daging sapi, beras, dan gula pasir. Komoditas ini berpengaruh langsung pada inflasi.

Subsidi langsung diberikan kepada distributor karena mereka memegang kendali harga. 

“Misalnya suatu komoditas harga normalnya itu Rp10.000 per kilogram, di distributor yang sudah diberi subsidi harus lebih murah, paling Rp8.000 per kilogram.” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement