Advertisement

Pasar Sentul Direvitalisasi Tahun Depan, Kapan Sosialisasi Dilakukan?

CRY22
Minggu, 20 November 2022 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Pasar Sentul Direvitalisasi Tahun Depan, Kapan Sosialisasi Dilakukan? Pasar Sentul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pada tahun depan, Pemkot Jogja bakal merevitalisasi Pasar Sentul di Kemantren Pakualaman. Rencananya, akhir tahun ini sosialisasi terkait dengan revitalisasi tersebut dilakukan oleh Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja.

Subkoordinator Kebersihan Keamanan, Disdag Kota Jogja menyampaikan hingga saat ini belum ada sosialisasi secara khusus kepada pedagang terkait dengan revitalisasi Pasar Sentul.

Advertisement

"Jadi rencananya akhir tahun ini, kami sudah mulai sosialisasi. Sebelumnya, kan sudah dua kali [sosialisasi] tetapi dialihkan ke sosialisasi perda [peraturan daerah] sekalian," kata Kelik, Jumat (18/11/2022).

Selain itu, kata Kelik, sosialisasi belum dilakukan lantaran masih menunggu kajian UKL UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup). "Kami bertahap sosialisasi sambil menyelesaikan AMDAL [Analisis mengenai Dampak Lingkungan] dan UKL UPL," ucap Kelik.

Menurut Kelik, perkiraan Maret 2023 sudah mulai dilakukan pengerjaan revitalisasi yang akan berakhir pada akhir 2023. "Jadi Oktober-Desember 2022 kami sosialisasi, sambil nanti PU [Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman/DPUPKP Kota Jogja] membangun lokasi sementaranya, diperkirakan selesai di Maret 2023," ucap dia.

BACA JUGA: Ada Lahan Tak Bertuan di Trase Jogja-YIA, Bagaimana Nasibnya? Ini Penjelasan Pemda DIY

Kelik menyampaikan sosialisasi resmi revitalisasi Pasar Sentul masih menunggu dari DPUPKP Jogja. "Kami menunggu kepastian dari DPUPKP Jogja, karena kalau kami sosialisasi resmi, ada hal-hal yang tidak bisa kami jawab. Sebelumnya hanya sosialisasi terbatas dengan Disdag, kemarin dicampur dengan sosialisasi Perda. Sosialisasi Revitaslisasi Pasar Sentul cuma tambahan," ucap Kelik.

Selama pengerjaan revitalisasi, pedagang akan dialihkan sementara ke daerah Kali Mambu, Kota Jogja. "Ketika nanti barak sementaranya sudah selesai, kami nanti melakukan pemindahan ke barak sementara," kata Kelik.

Kelik menyampaikan sosialisasi kali ini untuk memperbaiki bangunan fisik Pasar Sentul saat ini. Selain itu nantinya akan dilakukan pula manajemen pedagang. "Kami juga akan melakukan perbaikan masalah manajemen dan pengelolaannya," kata Kelik. 

Nantinya anggaran revitalisasi Pasar Sentul, menurut Kelik akan menggunakan Dana Keistimewaan (Danais).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement