Advertisement

Pembangunan Jalur Pedestrian Senopati Jogja Hampir Rampung

Yosef Leon
Senin, 14 November 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Pembangunan Jalur Pedestrian Senopati Jogja Hampir Rampung Jalur pedestrian Malioboro, Jogja, Rabu (9/2/2022). - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Proyek pengerjaan jalur pedestrian Senopati dikebut menjelang akhir tahun. Revitalisasi jalur pedestrian ditargetkan selesai pada masa libur Natal dan Tahun Baru mendatang agar siap dinikmati para wisatawan. Sampai dengan pertengahan November ini, 70 persen proyek sudah selesai dikerjakan. 

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kota Jogja mengatakan, sebagian besar pengerjaan yang tersisa yakni pemasangan furniture jalan dan fasilitas pelengkap dari jalur pedestrian. Hal ini disebutnya masih sesuai dengan tata kala dan target yang ditetapkan. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Harapannya akhir tahun sudah bisa selesai. Sekarang sudah 70 persen progresnya," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPKP Kota Jogja, Hasri Nilam Baswari, Senin (14/11/2022). 

Nilam menyebutkan, material furniture sudah berada di lokasi pengerjaan. Sampai akhir tahun nanti pekerja akan fokus pada pemasangan bangku pedestrian, tempat sampah, dan lampu jalan atau penerangan jalan umum (PJU). Di sisi lain, penataan kabel bawah tanah di sekitar lokasi juga telah rampung.

BACA JUGA: Puskesmas di Sleman Ini Tolak Tangani Korban Kecelakaan Lalu Lintas, Begini Kata Dinkes Sleman

"Jalur pedestrian secara umum sudah selesai semua, tinggal titik-titik manhole dan area yang akan ditempati furniture saja yang tinggal finishing," ucapnya.

Revitalisasi jalur pedestrian Senopati merupakan upaya Pemkot Jogja dalam mendukung kawasan penyangga Malioboro. Proyek yang menelan anggaran senilai Rp 12,2 miliar ini tidak hanya mempercantik kawasan pejalan kaki saja, melainkan juga memperlebar dan menata kabel di seputaran kawasan itu. 

Penataan jalur pedestrian Senopati dilakukan di sisi utara sepanjang sekitar 450 meter dan selatan sekitar 400 meter. Lebar trotoar ditata agar nyaman untuk pejalan kaki dengan lebar bervariasi sesuai kondisi di lapangan berkisar 2,5 meter sampai 3 meter. Pemkot juga berharap agar kawasan di seputar area itu seperti tempat parkir Senopati bisa ikut menyesuaikan dengan penataan tersebut. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement