Advertisement

Korban Longsor Semin Ibu & Anak di Gunungkidul Belum Ditemukan, BPBD Ungkap Kendalanya

Sunartono
Senin, 21 November 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Korban Longsor Semin Ibu & Anak di Gunungkidul Belum Ditemukan, BPBD Ungkap Kendalanya Longsor di Dusun Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, Sabtu (19/11/2022) yang mengakibatkan dua warga tertimbun tanah - Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com. JOGJA--BPBD DIY mengungkap proses pencarian korban longsor terdiri atas ibu dan anak hingga Senin (21/11/2022) masih belum ditemukan. Selain kondisi cuaca, medan juga cukup membuat tim evakuasi terkendala dalam melakukan pencarian.

Adapun kedua korban adalah Karni, 54, dan ibunya Mbah Karso, 90, yang tertimbun saat terjadi longsor di perbukitan di Dusun Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul pada Jumat (18/11/2022) dini hari.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan semua unsur di lapangan dalam melakukan pencarian korban. Akan tetapi ada sejumlah kendala mulai dari kondisi medan perbukitan, dari dua alat berat yang disiapkan ke lokasi, sementara hanya satu unit yang dioperasikan karena kondisi lokasi.

BACA JUGA: Rekahan Tanah Sepanjang 100 Meter Ditemukan di Sambeng Gunungkidul

“Sampai siang ini korban belum bisa ditemukan, yang melakukan evakuasi dari berbagai unsur ada TNI, Polri, sukarelawan, Basarnas. Karena tanahnya tebal sekitar lima meter dan kondisi medan sulit dan cuaca yang kadang hujan, tim tentu haru hati-hati kalau terjadi longsor susulan,” katanya Senin (21/11/2022).

Adapun rumah yang masih tertimbun ada empat unit berada di kawasan tersebut. Upaya pencarian dengan alat berat dilakukan dengan sangat hari-hati untuk melakukan pengerukan material longsoran. Tim di lapangan tidak memungkinkan secara keseluruhan menggunakan alat berat karena akan berisiko karena di dalamnya ada korban yang tertimbun. Selain itu ada sekitar 100 sukarelawan yang membantu mencari dengan peralatan manual.

“Pakai alat berat tetapi sangat hati-hati dan cermat, supaya tidak mengenai yang di dalam. Kendala lain terkait cuaca kadang hujan tiba-tiba, ini harus dihindari kemungkinan buruk seperti longsor susulan,” katanya.

Ia menambahkan Pemda DIY siap memberikan bantuan anggaran ketika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk back dari yang sudah disiapkan Pemkab Gunungkidul. Terutama untuk pemberikan makanan bagi ribuan pengungsi. “Kemarin saya lihat ke lapangan juga ada banyak masyarakat yang peduli memberikan bantuan,” ucapnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fans Piala Dunia Soroti Buruknya Fasilitas Penginapan di Qatar

News
| Minggu, 27 November 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement