Advertisement

Pastikan Akses Sudah Terbuka, Menteri PUPR Siap Bangun Rumah Korban Gempa Cianjur

Abdul Hamied Razak
Selasa, 22 November 2022 - 13:37 WIB
Arief Junianto
Pastikan Akses Sudah Terbuka, Menteri PUPR Siap Bangun Rumah Korban Gempa Cianjur Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ditemui di acara Internasional Seminar Climate Change, Resilience, and Disaster Menagement for Roads, Selasa (22/11/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Akses jalan nasional terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat mulai dibuka sejak Senin (21/11/2022) malam. Peralatan berat seperti eskavator dikerahkan ke lokasi terdampak.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan terdapat dua lokasi jalan nasional yang terkena longsoran masing-masing sepanjang 100 meter dan 40 meter. Kementerian mengirim alat-alat berat untuk menyingkirkan material longsoran sejak Senin (21/11/2022) malam.

Advertisement

"Sekarang akses jalan nasional sudah terbuka. Jam 06.00 WIB tadi sudah terbuka dengan alat-alat berat, banyak sekali. Yang penting tembus dulu [akses jalannya]," katanya saat menghadiri Internasional Seminar Climate Change, Resilience, and Disaster Menagement for Roads di Hotel Marriot Jogja, Selasa (22/11/2022).

Rencananya, lanjut Basuki, Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke lokasi. "Tadi malam jam 20.00 WIB saya ke sana pulang jam 04.00 WIB, terus ke sini. Tadi waktu makan Soto Kadipiro ditelpon Presiden mau ke sana, jadi saya harus pulang," katanya.

BACA JUGA: PMI Bersama Sukarewalan Turun Bantu Warga Cianjur

Kementerian PUPR, lanjut Basuki, juga berencana membangun shelter warga yang menjadi korban ke lokasi yang lebih aman. "Kami bagian dari sub sistem dari BNPB. Rumah warga yang rusak ringan-sedang akan diberikan dana stimulan dari BNPB dan yang rusak berat dan relokasi akan dibangun Kementerian PUPR," katanya.

Basuki mengaku sudah membicarakan soal lokasi tanah yang akan dibangun perumahan korban bencana gempa bumi di Cianjur. Berdasarkan data BNPB, katanya ada sekitar 2272 rumah yang rusak. Hal itu akan dipilah mana rumah yang rusak ringan, sedang dan berat. 

"Saya semalam sudah bertemu dengan wakil bupati, siapkan tanahnya. Kami sudah punya stok-stok Risha [Rumah Instan Sederhana Sehat] yang bisa dibangun seperti di Semeru dan Sulawesi. Termasuk fasilitas umum masjid, gereja, sekolah, kantor Kodim akan dibangun oleh Kementerian PU," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement