Advertisement

Lembaga Pemerintah yang Bisa Menyertifikasi Jaring Sepakbola Ternyata Hanya Ada di Jogja

Sunartono
Kamis, 24 November 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Lembaga Pemerintah yang Bisa Menyertifikasi Jaring Sepakbola Ternyata Hanya Ada di Jogja Business Matching bertajuk Levelling Up IKM Melalui Kolaborasi dan Sertifikasi di Manohara Hotel, Jogja, Kamis (24/11/2022). Kegiatan ini membahas terkait sertifikasi produk mulai dari peralatan olahraga hingga mainan anak-anak. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Peralatan olahraga menjadi salah satu produk yang harus disertifikasi untuk memastikan sudah sesuai dengan standar dari sisi kualitas dan keamanan. Balai Besar Standarisasi Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik (BBKB) DIY menjadi satu-satunya lembaga yang mampu menyertifikasi peralatan olahraga di Indonesia.

Kepala BBKB DIY Hendra Yetty menyatakan BBKB DIY menjadi satu-satunya lembaga yang dapat mensertifikasi semua peralatan olahraga di Indonesia. Oleh karena itu setiap produk alat olahraga selalu diuji lebih dahulu di BBKB DIY sebelum digunakan. Uji itu dilakukan untuk memastikan peralatan olahraga tersebut telah memenuhi standar keamanan dan mutu penggunanya. Termasuk jaring sepak bola yang digunakan di berbagai stadion.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA : Muncul Wacana Sertifikasi Kompetensi bagi Seniman Karawitan

“Untuk sertifikasi peralatan olahraga itu kami satu-satunya. Misalnya meja untuk tennis meja, lalu gawang [jaring] sepakbola diujikan ke kami, iya yang di stadion itu diujikannya ke kami. Memang tidak banyak orang yang tahu,” katanya kepada wartawan di sela-sela Business Matching bertajuk Levelling Up IKM Melalui Kolaborasi dan Sertifikasi di Manohara Hotel, Jogja, Kamis (24/11/2022).

Yetty menambahkan pengujian jaring sepakbola itu dilakukan dengan melihat seberapa kuat jaring tersebut ketika terkena tendangan bola. Ada ukuran yang lebih detail terkait proses ini dengan menggunakan ilmu berbasis fisika. Dengan demikian sebelum digunakan di stadion maka jaring gawang tersebut aman dan kuat meski pun ada tendangan keras.

“Untuk mutunya terjaga misalnya berapa kali kuat tendangan kena bola, kalau tertarik berapa, itu dites diuji, kalau bola berapa kekuatan tekannya, diuji semua,” katanya.

Contoh lain misalnya pengujian sertifikasi untuk produk bola, caranya dengan dipantulkan beberapa kali dengan jumlah tertentu. Kemudian ada uji kikis untuk melihat kekuatan atau ketahanan karet bola tersebut. “Di standar SNI ada parameter uji, kalau belum memenuhi standar yang diujikan ya tidak mendapatkan sertifikat,” katanya.

BACA JUGA : Pasar Prawirotaman Jalani Audit untuk Dapatkan Sertifikasi SNI

Advertisement

Asesor Manajemen Mutu Industri BBKB DIY Nikmah Widi Harini menambahkan setiap tahun balainya mensertifikasi hampir 200 produk. Paling banyak terutama emas dan peralatan olahraga karena satu-satunya hanya ada di Jogja. “Itu termasuk mainan anak-anak hingga pakaian bayi. Untuk uji kalau alat olahraga dengan fisika, misalnya bola basket kita pantulkan sampai berapa kali itu, ditekan berapa kali,” katanya.

Kesadaran masyarakat untuk melakukan pengujian suatu produk semakin meningkat terutama pada emas. Karena ada beberapa yang meragukan kesesuaian kadar yang dikandung pada perhiasan emas. Selain itu industri kecil dan menengah sudah banyak yang mengajukan sertifikasi hasil produknya dengan diberikan pendampingan.

Yetty menyatakan dalam proses sertifikasi produk IKM lembaganya menggandeng BUMN dan BUMD melalui program CSR-nya. Karena banyak BUMN yang membina IKM dan produknya dilakukan sertifikasi. “Badan usaha ini kami minta menyampaikan kebutuhan IKM binaan mereka. Melalui sertifikasi harapannya dapat usaha kecil bisa naik kelas,” katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement