Advertisement

Tersendat Akibat Longsor, Arus Lalu Lintas di Bukit Bintang Kembali Normal

Ujang Hasanudin
Minggu, 27 November 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Tersendat Akibat Longsor, Arus Lalu Lintas di Bukit Bintang Kembali Normal Petugas membersihkan tanah longsor yang menutup Jalan Jogja-Wonosari di Piyungan, Bantul, Jumat (25/11/2022) malam. - Istimewa/Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Arus lalu lintas di Jalan Jogja-Wonosari yang sempat longsor di Km. 16, Watu Ponggok, Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul pada Jumat (25/11/2022) malam lalu, kini kembali normal dan bisa dilintasi kendaraan. Meski begitu, pengendara yang melintasi jalur tersebut tetap diminta hati-hati karena ada penyempitan jalan.

Lokasi tanah longsor tersebut tepat di bawah Angkringan Prayogo atau kiri jalan dari arah Jogja. Lokasi longsor tersebut tepat berada sekitar 100 meter dari lokasi yang sempat longsor sebelumnya di kanan jalan dari arah Jogja. Bahkan alat berat sempat diterjunkan untuk mengevakuasi material longsor termasuk pohon yang melintang jalan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Meski sudah bisa dilewati, polisi memasang pembatas jalan atau water barrier agar pengendara tidak terlalu mepet ke pinggir demi keamanan dan keselamatan pengendara kendaraan dari dua jalur baik di lokasi longsor baru maupun longsor yang lama yang sedang ditangani oleh Satker Pelaksana Jalan Nasional.

BACA JUGA: Jalur Utama Jogja Wonosari Terputus Lagi karena Longsor, Ini Alternatif Jalan ke Gunungkidul

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Bantul, Ipda Ni Ketut Reni Juliani mengatakan lokasi longsor sudah steril sejak Jumat tengah malam dan sudah bisa dilintasi oleh kendaraan dari dua arah setelah sebelumnya ditangani menggunakan alat berat.

“Untuk kendaraan sudah bisa lewat dari dua arah tetapi kami pasang water barrier agar tidak terlalu mepet dengan tempat longsor karena dikhawatirkan ada longsor susulan,” kata Reni, Minggu (27/11/22).

Reni mengatakan dari hasil pantauan selama Sabtu-Minggu ini memang terjadi antrean kendaraan, terutama kendaraan wisatawan meski tidak terlalu panjang antreannya atau tidak seperti buka tutup jalur. Namun, pihaknya tetap mengimbau pengendara untuk tetap hati-hati.

Dia tetap menyarankan untuk kendaraan roda empat yang bermuatan besar untuk mencari jalur alternatif lainnya.“Ada dua jalur alternatif yang bisa dilewati, yakni jalur Imogiri [Bantul] dan juga bisa melalui jalur Cawas [Klaten, Jawa Tengah]. Walaupun kedua jalur alternatif tersebut juga sama-sama ekstrem. Jadi pengendara diminta hati-hati,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement