Advertisement

Calon Sekda Gunungkidul Mengerucut Jadi 3 Nama

David Kurniawan
Minggu, 27 November 2022 - 12:37 WIB
Jumali
Calon Sekda Gunungkidul Mengerucut Jadi 3 Nama Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Lelang jabatan untuk Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul telah memasuki tahap akhir. Saat ini, panitia seleksi (Pansel) lelang jabatan sudah mengumumkan tiga nama yang bakal dipilih menjadi sekda baru.

BACA JUGA: Ini Kandidat Sekda Gunungkidul

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Iskandar mengatakan, seleksi terbuka Sekda Gunungkidul diikuti enam pejabat di lingkup pemkab. Keenam nama ini adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Saptoyo; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Markus Tri Munarja; Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Sri Suhartanta.

Selain itu, ada Kepala Dinas Perdagangan, Kelik Yuniantoro; Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Johan Eko Sudarto dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Wahyu Nugroho. Adapun seleksi sudah memasuki tahap akhir karena hasil tiga besar calon sekda sudah diumumkan.

“Kami umumkan 25 November 2022 lalu di laman resmi milik BKPPD,” katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (27/11/2022).

Calon sekda yang masuk tiga besar diumumkan melalui Pengumuman No:59/Pansel/2022 yang ditandatangani Ketua Pansel sekaligus Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Ketiga nama yang lolos antara lain Markus Tri Munarja; Saptoyo dan Sri Suhartanta.

Iskandar menjelaskan, ketiga nama yang dinyatakan lolos telah melalui beberapa tahapan tes mulai dari asesmen dan uji kompetensi, pembuatan makalah serta visi dan misi. Selanjutnya, para calon ini akan menjalani tes kesehatan dan dimintakan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Masih ada tahapan yang harus dilalui. Untuk hasil tiga besar juga sudah kami serahkan ke bupati,” katanya.

Dia menambahkan, setelah adanya rekomendasi dari KASN, bupati akan berkoordinasi dengan Gubernur DIY untuk menentukan pengangkatan sekda.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” katanya.

Berasal dari Internal Pemkab

Meski belum semua tahapan seleksi terbuka sekda dilalui, namun dipastikan calon yang terpilih berasal dari lingkup internal Pemkab Gunungkidul. Sebab, seleksi kali ini tidak ada calon dari luar daerah.

“Ada enam pejabat mendaftar dan kesemuanya berasal dari lingkup pemkab serta tidak ada yang berasal dari luar,” katanya.

Hal ini sejalan dengan keinginan dari Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Sebelum lelang dilakukan, bupati sudah menginginkan bahwa sekda baru berasal dari lingkup pemkab dan tidak mendatangkan dari luar daerah.

“Harapannya tidak hanya memenuhi syarat, tapi harus bisa membantu dalam upaya membangun Gunungkidul,” katanya.

Untuk diketahui, Sekda Gunungkidul, Drajad Ruswandono akan memasuki masa pensiun per 1 Desember 2022 mendatang. proses seleksi dilakukan guna memastikan ada regenerasi serta jabatan yang ditinggalkan bisa segera terisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Catat Rekor, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi dalam Sewindu

News
| Senin, 06 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement