Advertisement

Radio Pasar Disdag Jogja akan Dikembangkan ke Berbagai Pasar agar Lebih Menghibur dan Informatif

Media Digital
Selasa, 29 November 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Radio Pasar Disdag Jogja akan Dikembangkan ke Berbagai Pasar agar Lebih Menghibur dan Informatif Para penyiar Radio Pasar sedang bertugas di ruangannya untuk memberikan layanan informasi pada warga Pasar Beringharjo, Senin (28/11/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA — Radio Pasar yang dikelola Dinas Perdagangan (Disdag) Jogja akan diperluas jangkauannya ke berbagai pasar. Saat ini Radio Pasar beroperasi untuk Pasar Beringharjo dengan sistem radio kabel.

Kedepan, Radio Pasar akan dikembangkan dengan model streaming melalui jaringan internet agar bisa menjangkau lebih luas. Tujuannya meningkatkan informasi dan hiburan yang dapat dinikmati warga pasar se-Jogja.

Advertisement

Selama ini Radio Pasar yang dikelola Disdag menjadi pusat informasi warga pasar di Beringharjo. Dari informasi harga bahan pokok terbaru, berita kehilangan, hingga edukasi kesehatan pada masa pandemi kemarin.

Peran strategis Radio Pasar tersebut juga mencakup hiburan bagi warga pasar. Hiburan yang ditampilkan berupa pemutaran lagu-lagu agar pengunjung pasar betah saat berbelanja.

Penyiar Radio Pasar Walido menjelaskan selama ini warga Pasar Beringharjo, baik penjual dan pembeli menjadikan Radio Pasar sebagai saluran informasi strategis. “Misalnya kalau ada barang pembeli tertinggal di toko, nanti penjaga toko akan menginformasikan itu lewat kami,” jelasnya, Senin (28/11/2022).

Walido menyebut berbagai masalah terpecahkan berkat Radio Pasar. “Kadang-kadang ada anak tertinggal saat diajak belanja, ini kan kalau tidak ada saluran informasi bisa hilang orang, tapi jadi bisa ditemukan dengan mudah,” ujarnya.

Selain layanan informasi, Radio Pasar juga kerap memberikan layanan edukasi. “Paling kelihatan pas Covid-19 kemarin, kami terus informasikan soal Covid19 sampai mereka paham dan dampaknya juga penting karena penularan jadi berkurang dalam pasar,” katanya.

Hiburan yang disugukan Radio Pasar juga diapresiasi oleh warga Pasar. Penyiar Radio Pasar lain, Anggita Yuliandasari menjelaskan hiburan yang ditampilkannya beragam jenis musik. “Ada dangdut, campursari, pop Indonesia, sampai musik lawas,” jelas Anggita, Senin siang.

Segmentasi jenis hiburan dilakukan, jelas Anggita, karena warga pasar beragam. “Jadi untuk menyesuaikan keragaman tersebut makanya kami wadahi semua minatnya,” katanya.

Anggita menjelaskan warga pasar juga dapat memberikan permintaan khusus untuk memutarkan lagu tertentu melalui kontak WhatsApp Radio Pasar. “Kontak WhatsApp juga digunakan untuk warga pasar yang mau memberikan informasi kehilangan dan lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 54 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement