Advertisement

Nekat Menyeberang Jembatan di Gunungkidul, 2 Pelajar Terseret Banjir. Ini Penampakannya...

David Kurniawan
Rabu, 30 November 2022 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Nekat Menyeberang Jembatan di Gunungkidul, 2 Pelajar Terseret Banjir. Ini Penampakannya... Warga berkumpul untuk menyaksikan proses penyelamatan dua pelajar yang terseret banjir di Kali Branjang, Sokoliman di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Rabu (30/11/2022). - Foto istimewa Pemerintah Kalurahan Bejiharjo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dua siswa SMK di Gunungkidul terseret arus di Kali Branjang di Sokoliman, Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo, Rabu (30/11/2022) pagi. Keduanya dapat diselamatkan beserta sepeda motor yang dikendarai.

Jogoboyo Bejiharjo, Ariyanto mengatakan, siswa SMK yang terseret atas nama Muhammad Ardian asal Ponjong dan Ari Herlambang asal Kalurahan Jatiayu, Karangmojo. Keduanya terseret arus pada saat akan menyeberang Jembatan Sokoliman yang sedang banjir karena hujan deras sejak Rabu dini hari.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Peristiwa terseretnya dua siswa bermula saat Muhammad menghampiri Ari di rumahnya di Jatiayu untuk berangkat ke sekolah bersama-sama di SMK Negeri 2 Wonosari. Menurut Ariyanto, keduanya tidak begitu hafal medan karena jembatan tidak tergenang, meski di sisi utara jalan sudah dilewati banjir.

Terlebih lagi, sambung dia, keduanya juga terburu-buru ke sekolah karena ada acara yang harus diikuti. “Jadi nekat menyeberang, tapi tidak tahunya jalan lebih rendah dari jembatan sehingga keduanya terseret bersama motor yang ditunggangi,” katanya saat dihubungi wartawan, Rabu siang.

Baca juga: Sleman Hujan Sejak Pagi, Bagaimana Wilayah Lain Hari Ini?

Meski terseret keduanya bisa berpengangan pohon kayu putih yang banyak tumbuh di sekitar lokasi. Warga yang melihat kejadian langsung melaporkan ke Pemerintah Kalurahan.

Upaya pertolongan pun dilakukan dengan menggunakan tali serta jaket pelampung oleh warga setempat bersama dengan tim relawan pengurang risiko bencana. Kedua siswa dan motor yang dipakai dapat diselamatkan.

Pelajar hanyut

Dua pelajar (foto dilingkari biru) terseret banjir di Kali Branjang, Sokoliman di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Rabu (30/11/2022)./Foto istimewa Pemerintah Kalurahan Bejiharjo

“Berhubung ada seorang yang lemas, maka dibawa ke rumah sakit untuk pengecekan kesehatan lebih lanjut,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi membenarkan adanya dua siswa yang hanyut di Kali Branjang, Sokoliman di Kalurahan Bejiharjo. Meski demikian, ia memastikan kedua korban dapat diselamatkan oleh tim dari BPBD bersama dengan para relawan.

“Sudah bisa dievakuasi dari banjir,” katanya.

Dia berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Hal ini dibutuhkan guna mengurangi risiko dari hal-hal yang tak diinginkan.

“Kalau ada banjir jangan nekat melintas. Mending cari jalan lain untuk keselamatan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siswi SMP di Klaten Jadi Korban Kekerasan Seksual hingga Ratusan Kali

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement