Advertisement

Hujan Deras Akibatkan Banyak Bencana di Gunungkidul dan Kulonprogo, Ini Rinciannya

Sunartono
Sabtu, 19 November 2022 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Hujan Deras Akibatkan Banyak Bencana di Gunungkidul dan Kulonprogo, Ini Rinciannya Longsor di Dusun Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, mengakibatkan dua warga tertimbun tanah, Sabtu (19/11/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABanjir dan tanah longsor terjadi di Gunungkidul dan Kulonprogo pada Sabtu (19/11/2022) dini hari. Puluhan rumah terendam banjir di Gunungkidul serta belasan tebing longsor di Kulonprogo.

BPBD DIY mencatat akibat hujan deras yang terjadi pada Jumat (18/11/2022) malam, banjir menggenangi sejumlah kecamatan di Gunungkidul meliputi Semin, Ngawen, dan Nglipar. Tujuh jalan pada dua jembatan sempat terputus akibat luapan air. Instalasi saluran air bersih juga rusak. Satu motor dan satu ekor ternak hanyut serta 57 rumah terendam.

Advertisement

"Di Gunungkidul juga terjadi lima longsor di Semin yang membuat dua rumah rusak. Kemudian angin kencang terjadi di Paliyan dan Patuk yang merusak satu rumah, menumbangkan pohon, dan menganggu mobilitas masyarakat," kata Kepala BPBD DIY Bewara Yuswantana, Sabtu (19/11/2022).

Bewara menambahkan TRC BPBD DIY turut membantu evakuasi korban longsor. "TRC ikut mendukung penanganan di posko serta membantu evakuasi korban di Semin," ujarnya.

BACA JUGA: Ibu dan Anak Tertimbun Longsor di Blembem Gunungkidul

Di Kulonprogo juga terjadi longsor pada 19 titik. Lokasi longsor meliputi Kokap sembilan titik, Girimulyo lima titik, Samigaluh empat titik, dan Kalibawang tiga titik.

Akibatnya, sembilan jalan tertutup dan 11 rumah serta satu kandang ternak rusak. Pohon tumbang di kabupaten ini terjadi pada dua titik di Hargorejo, Kokap dan Banjarsari, Kalibawang.

"Penanganan sudah dilakukan BPBD Kulonprogo bersama dengan sukarelawan serta warga yang bergotong royong," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement