Advertisement

Berencana Bangun Rumah? Pemerintah Siapkan Layanan Desain Gratis bagi Kalangan MBR

Sunartono
Jum'at, 02 Desember 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Berencana Bangun Rumah? Pemerintah Siapkan Layanan Desain Gratis bagi Kalangan MBR Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah menyediakan layanan pembuatan desain arsitektur rumah gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin membangun rumah secara mandiri. Layanan ini untuk memastikan rumah yang dihuni MBR sesuai standar kelayakan baik dari sisi kesehatan dan keamanan.

Layanan bertajuk Bank Desain Klinik Eumah Swadaya ini secara resmi telah diluncurkan di Hotel Grand Inna Malioboro, Kota Jogja bersamaan dengan seminar Peluang dan Tantangan Multisektor dalam Penyediaan Perumahan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Pembelian Rumah di Jogja Kini Lesu, Ini Penyebabnya

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa III Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, M Salahudin Rasyidi memastikan pemerintah telah membuka layanan pembuatan desain rumah secara gratis. Tujuannya agar MBR yang ingin membangun rumah bisa sesuai standar kelayakan mulai dari kaidah kesehatan, keselamatan dan ketahanan. Layanan pembuatan desain arsitektur itu diberikan secara gratis kepada MBR yang ingin membangun rumah secara mandiri.

Pemerintah mengandeng perguruan tinggi serta Ikatan Arsitektur Indonesia untuk membantu memberikan layanan ini jika nantinya permintaan desain arsitektur rumah ini cukup banyak. “Saat ini sudah ada bank desain yang bisa diaplikasikan tentunya masyarakat bisa mengajukan itu ke kami melalaui Balai bisa individu atau kelompok. Tetapi syarat utama harus MBR, kalau yang punya rezeki lebih silahkan menghubungi jasa arsitektur. Layanan ini kami berikan gratis bagi MBR,” katanya di Kota Jogja, Jumat (2/12/2022).

Kendati dalam bank desain tersebut diberikan kepada masyarakat, tetapi pemerintah tetap berupaya menjaga hak cipta. Bahwa desain diberikan kepada MBR pengguna akan tetapi hak cipta tetap berada di tangan yang mendesain.

Keberadaan desain ini sangat penting, karena dalam persyaratan permohonan persetujuan pembangunan Gedung atau IMB diperlukan bangunan yang akan dibangun dirancang oleh tenaga ahli yang tersertifikasi. Sehingga perlu bantuan dari perguruan tinggi dan IAI untuk memberikan desain yang bisa diajukan sebagai prasyarat untuk persetujuan pembangunan gedung.

BACA JUGA : Susahnya Buruh Murah Punya Rumah di Jogja

“Posisi bank desain ini ada di kami, memang tidak dipublikasikan, ini sebagai salah satu database kami sehingga saat masyarakat membutuhkan layanan gratis ini langsung kami berikan pilihan sesuai dengan kemampuan masyarakat,” ucapnya.

Pakar Perencanaan Tata Kota UGM Profesor Bakti Setiawan menambahkan keberadaan layanan tersebut akan memberikan ruang bagi MBR untuk dapat membangun rumah secara mandiri sesuai dana yang dimiliki. Di sisi lain karena diberikan pendampingan sehingga kualitasnya juga bisa dipertanggungjawabkan.

Menurutnya layanan ini memang perlu melibatkan banyak mahasiswa arsitektur untuk membantu masyarakat. Hal ini sejalan dengan konsep Kampus Merdeka sehingga mahasiswa tetap bisa belajar dan praktik secara nyata di duni arsitektur untuk menjadikan mahasiswa mengetahui kondisi nyata di lapangan.

“Karena warga yang akan membangun rumah ini butuh pendampingan langsung, tidak selalu bisa begitu saja. Ke depan ini menarik, pendampungan diberikan gratis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement