Advertisement

Pembangunan Pusat Desain Industri Nasional di Terban Jogja Selesai Desember Tahun Ini

Yosef Leon
Rabu, 07 Desember 2022 - 07:07 WIB
Budi Cahyana
Pembangunan Pusat Desain Industri Nasional di Terban Jogja Selesai Desember Tahun Ini Gdung PDIN yang berlokasi di eks Terminal Terban, Jogja. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Jogja menyebut pembangunan Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) di Terban, Gondokusuman, akan selesai tepat waktu pada Desember tahun ini. Operasional gedung itu sudah disiapkan dan diharapkan bisa dimanfaatkan UKM secepat mungkin. 

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja Tri Karyadi Riyanto menjelaskan jawatannya tengah menyiapkan lembaga yang akan mengelola PDIN serta payung hukum yang mendukung pelayanan. "Pelayanan PDIN ini utamanya adalah riset dan pengembangan desain industri. Kami sedang mempersiapkan payung hukum dan pengelolanya,” kata Totok, Selasa (6/12/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dia menyatakan lembaga yang mengelola PDIN akan berbentuk badan layanan usaha daerah. Manajemen kelembagaan PDIN akan melekat di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Logam di bawah Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja. Komposisi personel kelembagaan diiisi dengan 30% aparatur sipil negara (ASN) dan 70% non-ASN.

“Saat ini masih digodok dan dalam pembahasan. Kami juga siapkan peraturan wali kota untuk tarif layanan. Akan ada appraisal-nya awal tahun nanti,” ujarnya.

Gedung PDIN dibangun di lahan bekas Terminal Terban di Jalan C Simanjuntak. Gedung itu terdiri dari empat lantai dengan rincian lantai dasar akan digunakan untuk halaman parkir dan akses muatan barang. Lantai pertama akan dipakai sebagai ruang pameran, ruang seminar, dan plaza.

BACA JUGA: Hari Kedua Sosialisasi Tol Jogja-YIA, Keberatan Warga soal Masjid dan Makam Masih Muncul

Lantai kedua untuk ruang audio visual, ruang diskusi terbuka, perpustakaan, ruang rapat, dan roof garden. Lantai ketiga kantor PDIN, kantor sewa, co-working space, dan lantai empat untuk kantor mitra dan sirkulasi. Gedung PDIN dibangun dengan anggaran sekitar Rp34,5 miliar dari Pemerintah Pusat melalui dana alokasi khusus.

“Saat ini sudah jadi 92 persen pembangunannya. Kontrak pembangunan sampai 28 Desember. Tapi kesepakatan secara tidak tertulis dengan kontraktor, 15 Desember diupayakan sudah jadi,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspada Gagal Ginjal, Begini Cara Membaca Kandungan pada Kemasan Obat Sirop

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement