Advertisement

Keseriusan Sleman Diganjar Bhumandala Award 2022

Media Digital
Kamis, 08 Desember 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Keseriusan Sleman Diganjar Bhumandala Award 2022 Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (dua dari kanan), saat menerima penghargaan Bhumandala Award 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2022). - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Keseriusan Pemkab Sleman dalam penyelenggaraan simpul jaringan kembali membuahkan hasil. Bhumandala Award sebagai ajang penilaian Simpul Jaringan Informasi Geospasial, kembali memberikan penghargaan kepada Kabupaten Sleman sebagai peraih Bhumandala Kanaka (medali emas) untuk kategori kabupaten, dan Bhumandala Kencana (pemanfaatan simpul jaringan terbaik) untuk kategori kabupaten.

Sleman berhasil mempertahankan gelar Bhumandala Kanaka dan Bhumandala Kencana yang pernah diraih pada 2018 dan 2020. Pada 2022, penghargaan Bhumandala Award diserahkan secara langsung oleh Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Muh. Aris Marfai, kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Muh. Aris Marfai mengatakan penghargaan Bhumandala Award diberikan kepada Kabupaten Sleman berdasarkan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja simpul jaringan Kabupaten Sleman. Ia menilai penyelenggaraan informasi geospasial di Sleman telah berjalan baik, dengan telah dilakukannya sinkronisasi antara data geospasial dan data statistik. "Keseriusan Pemkab Sleman dalam penyelenggaraan simpul jaringan juga dapat dilihat dengan adanya studio peta dan tenaga teknis pemetaan yang siap mendampingi organisasi perangkat daerah [OPD] dalam melakukan kontrol kualitas yang sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada," katanya seperti dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12/2022).

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan penghargaan Bhumandala Award yang diraih merupakan bentuk pengakuan BIG atas upaya Pemkab Sleman dalam menyediakan data geospasial (DG) dan informasi geospasial (IG) di Bumi Sembada. "Penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan kualitas data geospasial dan informasi geospasial serta perbaikan terhadap masukan yang diberikan oleh BIG," katanya.

Kustini menuturkan jajarannya berupaya untuk melengkapi berbagai aspek guna tersedianya data geospasial dan informasi geospasial yang terstandar. Upaya tersebut direalisasikan melalui pembentukan Forum Satu Data di Sleman untuk mewujudkan kebijakan Satu Peta Satu Data.

"Kami juga berupaya dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas data geospasial sesuai standar serta memenuhi lima elemen simpul jaringan," kata Kustini.

Bupati juga menyatakan Pemkab Sleman berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan pemanfaatan data dan informasi geospasial. (***)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Wisata Plunyon Merapi Kembali Dibuka

Wisata Plunyon Merapi Kembali Dibuka

Jogjapolitan | 5 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musyawarah Rakyat Tempatkan Airlangga di Tiga Besar Bersama Ganjar & Prabowo

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

alt

3 Tempat Dingin di Sleman, Cocok Buat Healing

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement