Advertisement

Belajar Dunia Jurnalistik, Koperasi Mahasiswa UNY Sambangi Harian Jogja

CRH22
Sabtu, 10 Desember 2022 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Belajar Dunia Jurnalistik, Koperasi Mahasiswa UNY Sambangi Harian Jogja Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY melakukan kunjungan ke kantor Harian Jogja pada Jumat (9/12/2022). - Harian Jogja/CRH22

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY melakukan kunjungan ke kantor Harian Jogja pada Jumat (9/12/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka belajar tentang produksi pemberitaan dan penulisan.

Kedatangan Anggota Kopma UNY disambut langsung oleh Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo di ruang redaksi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dirinya menjelaskan tentang proses menulis berita hingga sampai proses cetak. Dalam kesempatan tersebut Nugroho menjelaskan tentang perjalanan singkat Harian Jogja.

Ia juga menyampaikan bahwa Harian Jogja tidak terafiliasi dengan partai politik. Hal tersebut yang membuat pembaca memiliki alternatif bacaan.

“Kita lihat seperti media nasional punya afiliasi politik. Harian Jogja tidak ada, ini yang menjadi awal kami dipercaya di Yogyakarta,” kata Nugroho yang akrab disapa Popon ini. 

Baca juga: Amplaz Tetap Buka Saat Kaesang Menikah di Royal Ambarrukmo, Akses Kendaraan Dialihkan Lewat Barat

Ia juga menyampaikan bahwa Harian Jogja kini berkembang dengan platform online Harianjogja.com. Menurutnya portal berita tersebut sudah ada sejak Harian Jogja berdiri pada tahun 2008 namun belum digarap secara serius.

Dirinya menyebut bahwa generasi sekarang lebih cenderung lebih suka mencari informasi melalui berita online daripada cetak. Apalagi sekarang transformasi ke digital menurutnya bisa menciptakan database.

Hal tersebut menurutnya merupakan ramalan yang terjadi bahwa media cetak yang redup sudah terjadi sejak lama. “Jika tidak dirawat media cetak hanya akan menjadi hiasan museum,” ucap Nugroho.

Sementara itu Ketua Forum MPI Kopma UNY, Novia Ramadhania menyampaikan bahwa kedatangan dari Anggota Kopma ini ingin belajar lebih jauh tentang proses jurnalistik dan pemberitaan di Harian Jogja.

“Kami punya divisi media, komunikasi dan informasi yang peranannya di bidang kepenulisan dan jurnalistik, kami ingin mengerti jauh tentang kepenulisan dan jurnalistik,” kata Novia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Catat Rekor, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi dalam Sewindu

News
| Senin, 06 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement