Advertisement

Empat Pesan untuk Kaesang-Erina di Malam Midodareni

Anisatul Umah
Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Empat Pesan untuk Kaesang-Erina di Malam Midodareni Upacara midodareni di kediaman Erina, Jumat (10/12/2022). - Dok. Tim Media Pernikahan Kaesang/Erina.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Presiden Joko Widodo mengantar putra bungsunya Kaesang Pangarep ke rumah calon mempelai putri Erina Gudono untuk menjalani upacara midodareni, Jumat (9/12/2022) malam. Mengenakan pakaian berwarna ungu, keluarga Joko Widodo disambut hangat oleh keluarga Erina.

Gibran Rakabuming Raka menjadi wakil dari pihak keluarga Kaesang. Sementara pihak Erina Gudono diwakili oleh Abdul Muhaimin. Dalam kesempatan ini Muhaimin menyampaikan empat pesan utama kepada kedua mempelai.

Advertisement

Dia berpesan agar kedua mempelai bersikap lebih dewasa, bertanggung jawab, saling menghormati dan menghargai. Selalu berbakti kepada mertua sebagaimana kepada kedua orang tua. Menjaga sikap dan perilaku serta patuh terhadap hukum dan etika dalam bermasyarakat, serta taat dalam menjalankan ajaran agama Islam.  

"Terimalah Ananda Erina Sofia Gudono apa adanya. Terimalah ia dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Terimalah ia dalam mudanya dan tuanya. Terimalah ia dalam sehatnya dan sakitnya. Bimbinglah ia untuk menuju rumah tangga yang bahagia. Jadikanlah ia istri pertama dan terakhirmu sampai akhir hayat dikandung badan," ucapnya.

Baca juga: Kaesang dan Erina Akan Diarak Pakai Kereta Kencana, 12 Kereta Kuda Dipersiapkan

Gibran selaku perwakilan dari keluarga Joko Widodo menyampaikan maksud dari kedatangannya bersama keluarga untuk menyerahkan hantaran peningset tanda tali kasih antara kedua calon mempelai.

Juga menyerahkan calon mempelai putra, Ananda Kaesang Pangarep, untuk melaksanakan nyantri. Suatu kebahagiaan, kata Kaesang, jika dari pihak mempelai perempuan berkenan menerima.

"Saya Gibran Rakabuming Raka mewakili keluarga dari Solo, mewakili keluarga Bapak Joko Widodo beserta Ibu Iriana, bermaksud untuk pertama menyerahkan hantaran peningset tanda tali kasih antara kedua calon mempelai. Kedua, menyerahkan calon mempelai putra, Ananda Kaesang Pangarep, untuk melaksanakan nyantri," kata Gibran.

Selanjutnya kedua mempelai saling memperkenalkan seluruh anggota keluarga yang hadir malam itu. Tidak hanya ditemani anak dan mantu, Joko Widodo juga hadir bersama cucu-cucunya.

"Ini namanya Kaesang, yang nomor tiga. Anaknya memang punya image slengean tapi hatinya baik, bertanggung jawab, punya komitmen yang sangat baik, terutama di dunia kerja. Saya yakin nanti ke depan bisa membahagiakan Erina," paparnya.

Prosesi selanjutnya yakni upacara tilik nitik yakni ibunda Erina Gudono mengantarkan Ibu Iriana, Selvi Ananda, dan Kahiyang Ayu untuk melihat calon mempelai wanita. Setelah itu, pihak keluarga mempelai pria berpamitan dan seluruh rangkaian midodareni ditutup dengan pembacaan doa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement