Advertisement

Ini Gunanya Ronda! Warga Gagalkan Aksi Pencurian Ternak

Catur Dwi Janati
Minggu, 11 Desember 2022 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Ini Gunanya Ronda! Warga Gagalkan Aksi Pencurian Ternak Salah satu pelaku pencurian ternak diperiksa polisi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Sebuah aksi pencurian hewan ternak di Kapanewon Sentolo, Kulonprogo berhasil digagalkan warga. Satu pelaku ditangkap warga yang tengah ronda, sementara satu pelaku lainnya berhasil kabur. 

Plh. Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Dwi Wijayanto menjelaskan dugaan pencurian itu terjadi di Padukuhan Malangan, Kalurahan Sentolo, Minggu (11/12/2022) sekitar pukul 00.30 WIB. Awalnya, pencurian ini diketahui pemilik rumah Tri, 38, dari suara berisik embik kambing di kandang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Korban mendengar suara kambing yang teriak-teriak. Korban curiga dan kemudian keluar rumah hendak mengecek ke kandang. Saat korban membuka pintu rumah, di depan rumah terlihat ada sepeda motor Honda Supra X 125 warna hitam terparkir," kata Dwi, Minggu.

BACA JUGA: Supra dan Scoopy Adu Banteng di Kulonprogo, 1 Pemotor Meninggal Dunia

Korban lantas mengecek ke kandang kambing, tetapi dari dalam kandang kambing tiba-tiba keluar seseorang dan langsung berlari. Pada saat bersamaan, petugas ronda RT 004/RW 002, Malangan tengah berpatroli di rumah korban.

"Selanjutnya korban bersama-sama dengan petugas ronda mengecek ke dalam kandang kambing dan menemukan satu orang pelaku lainnya yang baru berusaha keluar dari kandang," ujarnya. 

Pelaku lantas ditangkap warga. Warga yang ronda langsung menghubungi petugas Polsek Sentolo dan segera mengamankan pelaku ke Mapolsek Sentolo.

Saat diperiksa ke dalam kandang, dua ekor kambing telah dalam posisi terikat dan dimasukan karung. Pelaku belum sempat membawa kabur ternak tersebut lantaran aksinya diketahui korban dan warga lebih dulu. 

"Setelah dicek ke dalam kandang, ditemukan dua ekor kambing betina dewasa warna putih yang sudah dimasukkan ke dalam kantong plastik warna putih dan sudah diikat. Karena ketahuan dan pelaku ketangkap, sehingga kambing belum sempat dibawa pergi," lanjutnya.  

Dwi menjelaskan, pencurian itu dilakukan oleh dua orang. Sayangnya, salah satu dari pelaku berhasil kabur. Hanya pelaku berinisial NP, 39, warga Kotagede, Jogja yang berhasil ditangkap warga, sedangkan satu pelaku lainnya, ED masih melarikan diri dan belum tertangkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement