Advertisement

Langkah Bantul Menjadi Kota Kreatif Dunia Kian Terbuka

Ujang Hasanudin
Selasa, 13 Desember 2022 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Langkah Bantul Menjadi Kota Kreatif Dunia Kian Terbuka Salah satu stand produk unggulan Bantul yang ditampilkan dalam acara Bantul International Craft and Folk Art Festifal (BICRAFEST) di The Ratan, Kampung Mataraman, Panggungjarjo, Sewon, Bantul, Selasa (13/12/2022). - Istimewa/dok.Humas Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Setelah menjadi salah satu kabupaten dalam ajang Kabupaten atau Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia 2022, Bantul semakin memantapkan diri untuk menjadi Kota Kreatif Dunia versi UNESCO

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan ekosistem industri kreatif di Bantul sejatinya telah terbangun sejak lama. Warisan seni budaya yang dimiliki Bantul juga bernilai tinggi, mengingat Bantul juga menjadi salah satu wilayah di mana Mataram Islam berkembang pesat. Selain itu, sumber daya manusia dalam sektor industri kreatif di Bantul tergolong mumpuni.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kami di Bantul tidak perlu khawatir soal sumber daya manusia di bidang industri kreatif. Institusi pendidikan di Bantul, baik di jenjang SMK maupun kuliah, program-program studi yang fokus pada seni budaya itu tersedia semua. Akan tetapi, selain ketersediaan sumber daya atau pelaku industri kreatif yang kompeten, masih banyak hal lain yang turut membangun dan mendukung ekosistem industri kreatif,” kata Halim melalui keterangan tertulis saat Launching Bantul Menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Selasa (13/12/2022)

Selain didukung dari segi pendidikan, Bantul juga memiliki sejumlah asosiasi maupun komunitas yang selama ini turut menggerakkan geliat industri kreatif. Kegiatan yang dilakukan pun terus menunjukkan tren positif. Bahkan, sejumlah pameran yang menjangkau pasar internasional secara rutin diselenggarakan di Bantul.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berharap pergerakan industri kreatif yang tengah digaungkan Bantul juga dapat turut mendorong terbukanya lebih banyak lapangan kerja, sehingga turut mendukung kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Dinilai Tak Layak, Jip Wisata Parangtritis Tetap Boleh Beroperasi

“Peluang industri kreatif itu luas sekali. Termasuk salah satu sektor ekonomi yang diandalkan dan mampu bertahan saat pandemi. Oleh sebab itu, semoga lewat industri kreatif, kesempatan lapangan kerja semakin banyak,” pesan Sandiaga.

Sementara itu, peluncuran Bantul Menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia juga dibarengi dengan rangkaian acara yang menunjukkan potensi industri kreatif Bantul di The Ratan, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul.

Acara yang bertajuk BICRAFEST atau Bantul International Craft and Folk Art Festifal tersebut tak hanya menampilkan pertunjukan seni budaya yang dapat disaksikan secara langsung,  tetapi juga mengusung produk unggulan milik Bantul hingga sejumlah workhsop terkait industri kreatif yang dapat diikuti masyarakat umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Pilot dan Penumpang Hilang

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement