Advertisement

Sekda Jogja Sidak TPST Nitikan, Genangan Air saat Hujan Lebat Jadi Masalah

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 14 Desember 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Sekda Jogja Sidak TPST Nitikan, Genangan Air saat Hujan Lebat Jadi Masalah Sekda Kota Jogja Aman Yuriadijaya bersama beberapa dinas terkait melakukan monitoring kawasan TPST Nitikan 2, Rabu (14/12/2022). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemkot terus memonitor Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Nitikan, Jogja, Rabu (14/12/2022). Pemantauan itu dilakukan dalam rangka upaya pembangunan TPST Nitikan 2.

Dalam pemantauan tersebut, persoalan genangan air yang terjadi tiap kali hujan lebat ditemukan. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan monitoring tersebut dalam rangka membangun TPST Nitikan 2, terkait dengan genangan air, Aman menyampaikan telah dikomunikasikan dengan warga dan tercapai kesepahaman.

“Ada hal teknis menyangkut penyaluran air lingkungan yang kita bicarakan dengan seluruh warga, dan tercapai pemahaman yang sama,” katanya. 

Menanggapi persoalan genangan air di kawasan TPST Nitikan, Aman menyampaikan akan dilakukan langkah penanganan. “Pengerukan sekarang [2022], 2023 jalan air dipermanenkan, 2024 sistem drainase secara kawasan disempurnakan,” katanya. 

BACA JUGA: Tok! Joe Biden Teken UU Pernikahan Sesama Jenis di AS

Dalam monitoring tersebut, Kepala Dinas LIngkungan Hidup (DLH) Kota Jogja, Sugeng Darmanto menyampaikan saat ini proses pendirian TPST Nitikan 2 masih tahap persiapan pengerukan saluran air.

“Tahap persiapan untuk nguruk dulu, kalau sudah nguruk kan nanti kami komunikasi dengan masyarakat juga, apakah memungkinkan ketika diuruk sebagian air tidak bermasalah. Lalu 2023 awal kita dirikan pembangunan [saluran air],” katanya. 

Sugeng berharap pembangunan yang akan dilakukan, nantinya tidak merugikan masyarakat. “Apabila dimungkinkan sumber daya manusia di sekitar Nitikan akan dilibatkan dalam aspek kegiatan pengelolaan sampah terpadu,” katanya. 

Muhammad Zulazmi, Lurah Kelurahan Sorosutan menyatakan rencana perbaikan saluran air di kawasan TPST Nitikan telah sesuai dengan aspirasi warga. “Tentu ini sesuai aspirasi warga kami,” katanya.

“Kawasan ini harus dipikirkan serius karena memang terjadi genangan setiap hujan besar,” imbuhnya. 

Dia juga menyampaikan dukungan warga terkait rencana pemerintah tersebut. “Prinsipnya warga kami mendukung kegiatan pengolahan sampah disini, hanya memang perlu diperhatikan soal kawasan ini, sehingga mendukung kegiatan pemerintah untuk mengolah sampah di sini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Meriah! Archipelago Menggelar Kompetisi Mini Soccer

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement