Advertisement

UGM Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Difabel

Media Digital
Rabu, 14 Desember 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
UGM Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Difabel Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peduli Difabel UGM, Isti'adatul Fitriyah dan Mahasiswa difabel dari Fakultas Biologi UGM, Anis Rahmatillah, dalam kegiatan Pojok Balairung, Rabu (14/12/2022) di halaman Gedung Pusat UGM. - Harian Jogja/

Advertisement

SLEMAN—UGM berkomitmen terus meningkatkan pelayanan dan pendampingan bagi mahasiswa difabel sejak masih menjalani proses seleksi untuk masuk ke UGM hingga lulus.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi para mahasiswa untuk menjalani studi. UGM menyediakan sarana dan prasarana kampus yang lebih aksesibel bagi para difabel.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Direktur Kemahasiswaan UGM, Sindung Tjahyadi, mengatakan sejak mendaftar, calon mahasiswa bisa mengisi bantuan khusus apa yang bisa kita siapkan bagi mereka. “Jadi, sejak ujian sudah ada bantuan dan pendampingan, dan ketika diterima kita akan berkomunikasi ke fakultas dan prodinya,” ujarnya dalam Pojok Bulaksumur di halaman Gedung Pusat UGM, Rabu (14/12/2022).

Terdapat sejumlah perbaikan yang masih perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa difabel, sebab belum semua bangunan di lingkungan UGM memiliki desain yang ramah difabel, terutama bangunan yang telah berdiri cukup lama.

“Untuk bangunan baru memang sudah ada standar untuk memfasilitasi mahasiswa berkebutuhan khusus, tapi ada beberapa kesulitan karena tidak semua bangunan dibangun akhir-akhir ini, jadi belum memenuhi kriteria itu,” katanya.

Kampus sudah pernah mengadakan pendataan keseluruhan gedung, melakukan klasifikasi mana yang sudah punya fasilitas untuk difabel dan mana yang belum. Data ini kemudian dikoordinasikan dengan Direktorat Aset UGM untuk ditindaklanjuti.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peduli Difabel UGM, Isti'adatul Fitriyah, mengapresiasi komitmen UGM yang telah melakukan berbagai peningkatan layanan dan fasilitas pendukung dalam beberapa tahun terakhir.

“Seiring berjalannya waktu, kami melihat fasilitas di UGM cukup aksesibel. Misalnya saja di Gedung Pusat ini sekarang sudah ada fasilitas ramp, selain itu juga beberapa bangunan sudah dilengkapi dengan lift,” ungkapnya.

Mahasiswa difabel dari Fakultas Biologi UGM, Anis Rahmatillah, mengatakan di UGM sudah disediakan berbagai sarana dan prasarana yang memfasilitasi kebutuhan mahasiswa difabel. Selain itu, ia juga mengapresiasi keberadaan UKM Peduli Difabel.

Keberadaan UKM ini menurutnya sangat membantu mahasiswa difabel. “Saya sangat berterima kasih, teman-teman banyak membantu dalam perkuliahan. UGM juga sangat memfasilitasi. Harapannya pelayanan terhadap difabel bisa lebih terintegrasi,” katanya.

UKM Peduli Difabel merupakan organisasi mahasiswa yang bersifat inklusif, aspiratif, dan kontributif bagi kesejahteraan difabel, baik dari segi fisik, psikis, maupun sosial. UKM ini beberapa waktu lalu menyelenggarakan Harmoni Inklusi 2022 yang diisi dengan kelas bahasa isyarat dan pameran berbagai lukisan menarik karya Jogja Disability Arts. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BUMN Siap Perkuat Industrialisasi Pangan

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 19:42 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement