Advertisement

Pemkot Buka Layanan Tourism Information Service

Yosef Leon
Kamis, 15 Desember 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkot Buka Layanan Tourism Information Service Wisatawan beraktivitas di Teras Malioboro 2, Rabu (4/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata Kota Jogja akan mendirikan posko tourism information service untuk melayani wisatawan yang berkunjung ke wilayahnya sebagai persiapan menyambut masa libur akhir tahun. Dua posko akan didirikan di Titik Nol Kilometer dan Plaza Malioboro yang nantinya akan memberikan informasi seputar kepariwisataan serta panduan lainnya bagi pengunjung yang berlibur. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan diprediksi cukup signifikan di masa libur akhir tahun nanti. Pelayanan kepada para pengunjung akan dimaksimalkan dengan membuka posko tourism information service yang diisi oleh para mas dan mbak kampung wisata. Selain pelayanan informasi, mereka nantinya juga akan mempromosikan keberadaan kampung wisata yang ada di Jogja. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Layanan tourism information service akan berlangsung pada tanggal 24-31 Desember 2022 dari pukul 09.00 Wib sampai 22.00 WIB. Kita akan buka dua posko, satu di Plaza Malioboro dan Titik Nol Kilometer sebelah timur Museum Sonobudoyo," kata Wahyu, Kamis (15/12/2022).

Wahyu menerangkan, posko tourism information service nantinya tidak hanya melayani kebutuhan informasi seputar pariwisata. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah lain jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh para pengunjung. Wisatawan yang membutuhkan layanan seperti kesehatan, ketertiban umum, kegawatdaruratan, layanan parkir dan lain sebagainya akan dikoordinasikan lewat posko itu. 

"Kalau ada keluhan untuk layanan apapun nanti petugas kita bisa berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya dan langsung dihubungkan," jelasnya. 

Baca juga: Animo Wisatawan Datangi DIY Tinggi, PHRI DIY: Jangan Sampai Ada Nuthuk Harga!

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Emma Rahmi Aryani menyebut, pihaknya juga berencana untuk membuka posko kesehatan di sejumlah titik untuk menyambut masa Natal dan Tahun Baru. Selain pelayanan kesehatan bagi para pengunjung, petugas nantinya juga berencana akan memberikan layanan vaksinasi bagi para wisatawan. 

"Belum ada jadwal pasti tapi kita merencanakan antara 23 Desember sampai 2 Januari. Untuk posko kesehatan dan penjagaan Natal Tahun Baru kita dirikan tiga titik di kantor Pos Besar, Abu Bakar Ali dan area Tugu," jelasnya. 

Menurut Emma, berkaca pada pengalaman pembukaan posko di masa libur Lebaran lalu cukup banyak wisatawan yang berminat dengan layanan vaksinasi. Mereka yang berasal dari luar daerah membutuhkan vaksinasi sebagai syarat melakukan perjalanan jarak jauh. 

"Nanti untuk vaksinasi di satu titik saja bisa di Abu Bakar Ali atau kantor Pos Besar, karena vaksin itu kan logistiknya tidak mudah nanti kalau kepanasan, jadi kami pun memberikan jadwal juga tidak panjang kemarin rencana jam 16.00 Wib sampai 19.00 WIB saja," jelas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Subsidi Program Biodiesel Dinilai Untungkan Korporasi Besar

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement