Advertisement

1 Juta Kendaraan Akan Masuk Jogja di Libur Akhir Tahun, DIY Siapkan 1.200 Armada Angkutan

Sunartono
Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
1 Juta Kendaraan Akan Masuk Jogja di Libur Akhir Tahun, DIY Siapkan 1.200 Armada Angkutan Penumpang bersiap memasuki bus di Terminal Giwangan, Jogja. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan DIY menyiapkan 1.200 armada angkutan umum untuk menyambut jutaan wisatawan yang diperkirakan masuk Jogja dan sekitarnya saat liburan akhir tahun.

Angkutan umum menjadi salah satu solusi untuk mencegah kepadatan arus lalu lintas bagi masyarakat yang akan berlibur ke Jogja selama Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebanyak 1.200 armada disiapkan untuk mengangkut para wisatawan yang ingin bermobilitas di wilayah DIY.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan jumlah kendaraan yang diperkirakan masuk ke wilayah DIY bakal lebih dari 1 juta unit selama libur Nataru. Kondisi ini jelas akan memicu terjadinya kepadatan arus lalu lintas di wilayah DIY terutama pada destinasi wisata.  

BACA JUGA : 7,8 Juta Orang Diperkirakan Masuk Jogja Saat Libur Akhir Tahun, Ini Jalur Macetnya 

“Karena saat Nataru ini orang ke Jogja secara khusus mau berwisata, kalau pakai kendaraan sendiri, diperkirakan lebih dari sejuta unit,” katanya, Jumat (16/12/2022).

Made menyarankan masyarakat yang ingin berlibur ke DIY bisa menggunakan angkutan umum baik bus, kereta maupun pesawat. Angkutan umum dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang akan masuk ke DIY selama libur Nataru, sekaligus meminimalisasi kepadatan arus lalu lintas.

“Tetapi ini hanya rekomendasi kami. Silakan naik angkutan umum seperti pesawat, kereta bus. Karena semua sudah tersedia, sehingga tidak perlu membawa kendaraan pribadi,” ujarnya.

Ia menegaskan angkutan umum di wilayah DIY sudah siap memberikan layanan secara maksimal saat Nataru. Ada sebanyak 1.200 armada yang disiapkan untuk melayani masyarakat yang akan berkunjung ke Jogja. Jumlah itu terdiri atas angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), antar kota dalam provinsi (AKDP), taksi dan Trans Jogja.

BACA JUGA : Ini Dia Perkiraan Puncak Kemacetan di Jalan Tol saat Libur Nataru

Layanan angkutan umum beragam dan dapat dijumpai di sejumlah terminal di wilayah DIY. Wisatawan yang ingin jalan-jalan di Kota Jogja juga tidak perlu khawatir, karena ada Trans Jogja yang dapat membantu mengantar sampai ke tujuan. Teman Bus bahkan yang telah terkoneksi hingga Bantul dan Sleman.

“Sarana angkutan umum kami juga sudah siap. Bus pariwisata saja ada 594 armada, kemudian ada AKAP, AKDP, Trans Jogja, dan taksi. Kalau ditotal sekitar 1.200 armada,” ujarnya.

Adapun untuk layanan kereta meliputi 71 kereta regular dan masih ditambah 24 kereta tambahan sehingga total ada 95 kereta. “Prinsipnya angkutan umum kita siap memfasilitasi wisatawan yang ingin bermobilitas di wilayah DIY,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Kelas BPJS Dihapus, Menkes Tegaskan Tak Ada Perubahan Tarif

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement