Advertisement

Dies Natalis: Begini Skenario UGM Perkuat Kedaulatan Pangan

Lugas Subarkah
Senin, 19 Desember 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Dies Natalis: Begini Skenario UGM Perkuat Kedaulatan Pangan Rektor UGM, Ova Emilia-Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUGM berkomitmen untuk berkontribusi menghadirkan solusi bagi berbagai persoalan yang dihadapi Bangsa Indonesia, termasuk dalam kedaulatan pangan. Hal ini ditegaskan Rektor UGM, Ova Emilia, dalam Rapat Terbuka UGM puncak Dies Natalis ke-73 UGM, Senin (19/12/2022).

Rektor memaparkan, dunia saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan sebagai akibat dari dinamika geopolitik internasional dan berbagai disrupsi akibat situasi kesehatan, perubahan iklim, ketidakpastian ekonomi global, serta menguatnya kembali pola-pola kepemimpinan dan sistem politik yang anti-demokratis.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Situasi tersebut menuntut semakin pentingnya ketangguhan dan kedaulatan suatu bangsa. Untuk memperkuat kontribusi UGM dalam merespons berbagai tantangan tersebut, UGM akan melakukan berbagai program strategis.

Pertama, UGM akan melakukan riset transdisipliner dan advokasi sosial terkait isu perubahan iklim, kesehatan, dan transisi energi bersih. Kedua, UGM secara aktif akan mengembangkan forum-forum kebijakan untuk mendukung penyelesaian berbagai masalah nasional dan memperkuat kontribusi di level global.

BACA JUGA: Benda Asing Bersarang di Kepala Gadis 4 Tahun di Sleman, Polisi Curiga Penembakan

Ketiga, UGM akan selalu mengawal tumbuh kembangnya sistem ekonomi dan sistem politik yang bertumpu pada nilai-nilai keadilan dan demokrasi. “Dengan kekuatan riset, inovasi, jejaring, dan semangat transdisiplin, kami yakin akan mampu menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa ini,” katanya.

Tema Dies Natalis ke-73 UGM adalah Pangan Berdaulat Bangsa Bermartabat. Tema ini tidak terlepas dari persoalan terkait pangan yang kini tengah menjadi perhatian global. UGM telah sejak lama berkecimpung dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan.

“Meskipun perjuangan untuk ketahanan pangan bukanlah hal yang baru, UGM tetap berdedikasi untuk menjadi kekuatan utama bangsa ini dalam mengamankan ketersediaan pangan bagi masyarakat," ungkapnya.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-73 UGM, Eni Harmayani, mengatakan capaian dan inovasi yang hasilkan oleh berbagai elemen civitas akademika UGM di sepanjang tahun 2022 membuktikan komitmen UGM untuk berkontribusi memberikan solusi baik jangka menengah maupun jangka panjang.

Salah satu produk penelitian di bidang pertanian yang telah cukup dikenal adalah varietas Kedelai Hitam Malika yang memiliki potensi produktivitas 2-3 kali rerata nasional. Peningkatan produktivitas kedelai juga diintensifkan melalui teknologi Smart Agricultural Enterprise (SAE).

"Selain itu, UGM juga telah melahirkan varietas Padi Gamagora yang adaptif terhadap perubahan iklim dengan tingkat produktivitas tinggi, sebagai solusi bagi masyarakat yang tinggal di area dengan potensi kekeringan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement