Advertisement

Parangtritis Penuh Sampah saat Liburan, Wisatawan Diminta Jaga Kebersihan

M140
Selasa, 27 Desember 2022 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Parangtritis Penuh Sampah saat Liburan, Wisatawan Diminta Jaga Kebersihan Ceceran sampah di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Dwi Cahyanti

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Pengelola Pantai Parangtritis meminta kepada seluruh wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Pengelola Pantai Parangtritis telah menyediakan tempat sampah disetiap titik sudut pantai.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Libur Natal dan Tahun Baru yang bebarengan dengan libur sekolah tentu membuat lonjakan terhadap wisatawan khususnya di Pantai Parangtritis. Adanya lonjakan tersebut juga menyebabkan adanya lonjakan terhadap sampah di area Pantai Parangtritis.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Parangtritis, Tri Waldiyanto mengungkapkan bahwa, lonjakan terhadap wisatawan tentu membuat lonjakan terhadap sampah.

Kelompoknya telah mengamati secara langsung di area wisata bahwa tingkat kesadaran wisatawan masih sangat rendah untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. “Setelah libur Natal tahun ini, banyak sampah yang ditemui disepanjang bibir pantai, dan memang lumayan banyak sampah-sampah yang berceceran,” ucap Tri, Senin (26/12/2022).

BACA JUGA: Gelar Pertemuan di Jogja, PGMI Beri Rekomendasi Terkait Kesejahteraan Guru Honorer

Sementara terkait dengan penanganan di daerah sekitar pantai, pihaknya telah bergotong-royong membersihkan area pantai setiap Jumat. “Kami mengimbau terhadap wisatawan yang berkunjung untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai dan sekitarnya. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, atau mengumpulkan sampah pada satu titik yang nanti bakal diangkut oleh pihak kami, jangan membuang sampah sembarangan ke pinggir pantai,” ujar dia.

Meskipun ada petugas yang selalu membersihkan dan membawa sampah ke TPS, tetapi faktanya saat liburan seperti ini, proses pengangkutan acap tersendat.

“Biasanya, saat Minggu banyak wisatawan yang datang, sehingga banyak pula sampah yang dihasilkan. Sayangnya, dari pihak pengangkut, saat Minggu pasti libur, jadi sampah menumpuk,” ujarnya.

Dia tak menampik, banyaknya wisatawan yang berkunjung, tentu memiliki kesadaran yang berbeda-beda terkait dengan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Dia berharap, dengan semakin berkembangnya Pantai Parangtritis, maka semakin berkembang pula kesadaran masyarakat dan wisatawan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement