Advertisement

Pesta Kembang Api Akan Hiasi Malam Pergantian Tahun di Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 28 Desember 2022 - 15:17 WIB
Sunartono
Pesta Kembang Api Akan Hiasi Malam Pergantian Tahun di Gunungkidul Ilustrasi pesta kembang api pada perayaan tahun baru - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Jajaran Polres Gunungkidul memastikan pesta kembang api boleh diselenggarakan saat malam pergantian tahun. Hingga sekarang sudah ada tiga lokasi yang mengajukan izin untuk pelaksanaan pesta kembang api.

Wakapolres Gunungkidul, Kompol Widya Mustikaningrum mengatakan, tidak ada masalah berkaitan dengan menghidupkan kembang api. Untuk masyarakat umum bisa menggelar pesta, tapi dengan catatan ukuran dari kembang api tidak lebih dari dua inch.

Advertisement

Menurut dia, apabila ukuran kembang api lebih besar, maka penyalaan harus melalui izin resmi. Setidaknya hingga sekarang Widya mencatat ada tiga lokasi yang mengajukan permohonan izin guna menggelar pesta kembang api.

Ketiga lokasi ini meliputi kawasan Alun-Alun Wonosari; Heha Sky View di Kapanewon Patuk dan HeHa Ocean View di Kapanewon Panggang.

BACA JUGA : Titik Lokasi Pesta Kembang Api di Jogja. Mana Favoritmu?

“Baru tiga ini yang mengajukan. Tapi, untuk masyarakat yang ingin menyalakan juga boleh, asal ukurannya tidak lebih dari dua inch,” katanya kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Meski demikian, ia mengingatkan pada saat menyalakan tidak boleh sembarangan. Khususnya anak-anak dilarang menyalakan sendiri untuk keselamatan.

“Harus ahlinya dan tidak boleh sembarangan. Ini dilakukan agar terhindar dari insiden kecelakaan,” katanya.

Ia berharap masyarakat atau pengelola wisata yang akan menggelar pesta kembang api segera mengajukan izin ke Polres Gunungkidul. “Saya dengar ada lokasi lain yang akan menyalakan pesta kembang api, tapi hingga sekarang permohonan yang masuk baru dari tiga lokasi,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, sudah mempersiapkan agenda untuk malam perayaan pergantian tahun. Rencananya, lokasi yang dipergunakan berada di Alun-Alun Wonosari.

BACA JUGA : Gunungkidul Ungkap Alasan Larang Pesta Kembang Api

“Lokasinya luas dan bisa menampung banyak orang. Jadi, lebih representative,” kata Sunaryanta.

Dia menjelaskan, untuk perayaan dikonsep untuk hiburan masyarakat. “Nanti ada hiburan dan tari-tarian yang disajikan ke pengunjung yang datang,” katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kru Lion Air yang Tabrak Garbarata di Merauke Negatif Alkohol & Narkoba

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement