Advertisement

Cuaca Ekstrem Saat Akhir Tahun, BPBD: Wisatawan Jangan Takut Berwisata ke Jogja

Hadid Husaini
Kamis, 29 Desember 2022 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Cuaca Ekstrem Saat Akhir Tahun, BPBD: Wisatawan Jangan Takut Berwisata ke Jogja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Danang Samsurizal, menyampaikan wisatawan tidak perlu takut berkunjung ke Jogja meski ada potensi cuaca ekstrem pada akhir tahun. Pasalnya, objek wisata di DIY dibekali sertifikat keamanan berwisata. 

“Jangan takut ke Jogja cuma kalau berwisata harus lihat dulu cuacanya seperti apa, jangan dipaksan kalau tidak medukung,” ujar Danang pada (29/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dirinya juga mengingatkan untuk para wisatawan yang datang dari luar Jogja untuk memperhatikan akses menuju tempat wisata. Danang mengatakan masih banyak tempat wisata yang aksesnya sulit dilewati apalagi di musim penghujan.

Jogja menurutnya memiliki karakter bencana yang berbeda-beda tiap wilayah. Selama ini tanah longsor dan angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang masih mendominasi di setiap tahun.

BACA JUGA: Setahun, 162 Orang Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas di Bantul

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan solusi antisipasi bencana kepada para pemilik usaha yang bergerak di bidang pariwisaata. Antara lain melalui sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environtment Sustaiability).

“Banyak tempat wisata yang kita lakukan sosialisasi dengan dinas pariwisata menerapkan CHSE, salah satunya safety,” ujar Danang. Menurutnya, pelaku usaha harus bisa menjamin keselamatan para wisatawan dan menjadi prioritas utama.

Danang menyebut lokasi wisata Anchor seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan bisa menjadi contoh dalam mengembangkan pariwisata yang aman, berstandar CHSE. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satgas BLBI Keok Lagi! Kali Ini Lawan Konglomerat Trijono Gondokusumo

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement