Advertisement

Libur Akhir Tahun, Pengunjung Tamansari dan Kraton Naik 2 Kali Lipat

Triyo Handoko
Minggu, 01 Januari 2023 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Libur Akhir Tahun, Pengunjung Tamansari dan Kraton Naik 2 Kali Lipat Tamansari yang padat dikunjungi wisatawan pada Minggu (1/1/2022) siang. - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Jumlah pengunjung objek wisata Tamansari dan Kraton melonjak hingga dua kali lipat saat libur akhir tahun. Rata-rata kunjungan wisatawan di Tamansari mencapai 3.000 orang dan Kraton mencapai 2.000 orang per hari saat libur akhir tahun ini.

Pada hari libur biasa, wisatawan yang datang ke Tamansari rata-rata cuma 1.500 dan di Kraton hanya 800 orang. Peningkatan kunjungan di dua objek wisata tersebut diimbangi dengan penambahan pemandu wisata.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Jumlah kunjungan wisata yang membludak di dua tempat tersebut juga terlihat dari tempat parkirnya yang penuh dan melebar hingga bahu jalan sekitarnya.

Pantauan Harian Jogja, luapan parkir dua objek wisata itu tak menimbulkan kemacetan berarti. Arus kendaraan di dua tempat tersebut masih terkendali dengan ramai lancar.

Sekretaris pengelola Tamansari, Nicolaus Ardiyanto menjelaskan jumlah kunjungan libur akhir tahun ini setara dengan libur Idulfitri awal tahun. “Rata-rata jumlahnya sama, hanya di dua momen libur ini jumlah kunjungan meningkat drastis,” katanya, Minggu (1/1/2023).

BACA JUGA: Target Meleset! Jumlah Wisatawan Berkunjung ke Bantul Tak Sampai 150.000 Orang

Nico menyebut diperkirakan kunjungan wisatawan ke Tamansari akan normal setelah 8 Januari dengan jumlah kunjungan normal sekitar 1,5 ribu orang per hari pada libur akhir pekan. “Hari ini [Minggu] sedikit berkurang, dan sepertinya akan kembali normal pada akhir minggu depan,” jelasnya.

Tamansari dalam menyambut libur ini, jelas Nico, tak banyak melakukan perubahan. “Hanya bersih-bersih biasa dan memastikan jumlah pemandu wisatanya tersedia, total ada 85 orang pemandu,” katanya.

Pengelola wisata Kraton, Darmoseputro menjelaskan peningkatan kunjungan wisatawan sudah diprediksi sebelumnya. “Hal yang kami lakukan kemudian menambah jumlah pemandu wisatanya, rata-rata satu pemandu mendapat tiga rombongan wisatawan. Total ada 55 pemandu di sini,” ujarnya, Minggu siang.

Darmo menjelaskan kelompok wisatawan keluarga mendominasi kunjungan Keraton pada libur akhir tahun ini. “Kalau di libur biasa biasanya rombongan sekolah, ini sekarang rombongan keluarga,” jelasnya.

Meski jumlah pengunjungnya meroket, tarif di Kraton dan Tamansari pada libur akhir tahun ini tetap normal. Darmo menyebut tarifnya Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Sementara di Tamansari juga menggunakan tarif yang sama dengan Kraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BUMN Siap Perkuat Industrialisasi Pangan

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 19:42 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement