Advertisement

Miniatur Tobong Gamping Siyono Jadi Tempat Merayakan Malam Pergantian Tahun

David Kurniawan
Minggu, 01 Januari 2023 - 18:07 WIB
Sunartono
Miniatur Tobong Gamping Siyono Jadi Tempat Merayakan Malam Pergantian Tahun Ilustrasi pesta kembang api pada perayaan tahun baru - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Malam pergantian tahun baru di Gunungkidul berjalan dengan lancar. Lokasi yang menjadi pusat perayaan mulai dari Alun-Alun Wonosari, Miniatur Tobong Gamping di Bundaran Siyono dan perbatasan di Kapanewon Patuk, Gunungkidul.

Kepala Unit Penegakkan Hukum, Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan, tidak ada masalah berkaitan dengan kelancaran malam tahun baru di Gunungkidul. Pasalnya, selama perayaan tidak ada laporan kecelakaan maupun insiden yang melibatkan antar warga.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Alhamdulillah nihil. Tidak ada laporan kecelakaan maupun gesekan antar warga,” kata Darmadi, Minggu (1/1/2023).

BACA JUGA : Malam Tahun Baru di Jogja, Ini Lokasi Kantong Parkir yang Disiapkan

Ia mencatat setidaknya ada tiga lokasi yang dimanfaatkan warga untuk merayakan malam pergantian tahun. Titik pertama berada di Alun-Alun Wonosari. Di lokasi ini menjadi pusat acara yang diselenggarakan oleh Pemkab Gunungkidul.

Titik kedua berada di Bundaran Siyono, Logandeng. Lokasi ini menjadi tempat berkumpul karena ada fasilitas baru berupa fasilitas pedestrian yang dilengkapi dengan hiasan lampu dan deretan tempat duduk.

"Selain itu, ada juga miniatur tugu tobong yang menjadi ikon baru di kawasan Siyono sehingga menarik minat pengunjung untuk menghabiskan malam tahun baru," katanya. 

Adapun lokasi titik keramaian ketiga berada di perbatasan Patuk. "Memang sempat ada kemacetan karena kerumunan orang, tapi berangsur-angsur bisa terurai,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP A Purwanta. Menurut dia, tidak ada insiden apapun saat malam perayaan tahun baru.

BACA JUGA : Pemkot Tak Gelar Pesta Perayaan Tahun Baru, Dispar

Menurut dia, sebelum perayaan sudah mempersiapkan agar acara dapat berjalan dengan lancar. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mempersiapkan rekayasa arus lalu lintas.

Purwanta menjelaskan, selama perayaan di area alun-alun bebas dari kendaraan. Untuk arus kendaran dari arah barat atau Kota Jogja yang menuju pemda atau kota Wonosari dialihkan di Simpang pendowo ke kiri menuju Jeruksari.

Arus dari utara ke Pemda dialihkan di simpang empat Jeruk menuju ke timur menuju bundaran kodim atau ke barat menuju simpang tiga pendowo via depan RSUD Wonosari. Adapun arus dari arah timur atau Karangmojo diputar balik dengan pengalihan ke kanan di Bundaran PLN menuju ke simpang empat Jeruk. “Untuk arus dari selatan akan diputar balik di simpang SMP Negeri 2 Wonosari,” kata Purwanta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement