Advertisement

Mantap! Pendapatan Wisata Kulonprogo Tembus Rp5 Miliar

Catur Dwi Janati
Selasa, 03 Januari 2023 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Mantap! Pendapatan Wisata Kulonprogo Tembus Rp5 Miliar Sejumlah personel SAR gabungan memantau muara Sungai Serang, di kawasan wisata Pantai Glagah di Kapanewon Temon, Kulonprogo, pada Kamis (7/1/2022) - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO– Lebih dari satu juta wisatawan menyambangi Kulonprogo sepanjang tahun 2022. Jutaan wisatawan ini menyumbang retribusi miliaran rupiah yang mampu melebihi target PAD wisata Kulonprogo 2022. 

Sekretaris Dinas Pariwisata Kulonprogo, Raden Trusta Hendraswara menuturkan capaian PAD di sektor tempat rekreasi dan olahraga  2022 melebihi target. Dari target PAD Rp5,129 miliar, PAD sektor ini mampu menembus sangka Rp5,131 miliar atau lebih banyak Rp2,3 juta. Sepanjang tahun 2022, jumlah wisatawan yang masuk ke Kulonprogo mencapai 1,1 juta orang. "Untuk tahun 2022 ini kita bisa mencapai 100,05 persen," tuturnya pada Selasa (3/12/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Libur Nataru menjadi salah satu momen yang menyumbang peningkatan wisatawan di tahun ini. Perayaan malam tahun baru di Sermo misalnya, jumlah pengunjung yang masuk dalam semalam mencapai lebih dari 6.000 orang. Kondisi tersebut menurut Budi jarang terjadi di Waduk Sermo. "Itu pun tidak dihitung masyarakat setempat," kata dia.

BACA JUGA: Maling Laptop Jaksa KPK di Jogja Ditangkap Polisi, Apa Motifnya?

Pos-pos pendapatan sektor wisata ini banyak disumbang dari sejumlah destinasi piknik. Beberapa di antaranya seperti Pantai Glagah, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Pantai Congot, Gua Kiskendo, Suroloyo dan juga di kawasan Nglingo Tritis, kawasan Menoreh Barat dan juga di kawasan Jatimulyo. "Ada pendapatan yang sangat signifikan untuk obyek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata," ujarnya.

Pantai Glagah masih menjadi destinasi unggulan wisata Kulonprogo yang paling banyak dikunjungi para pelancong. Budi mencatat Pantai Glagah menyumbang Rp3,6 miliar. "Jadi ini posnya bisa mencapai dari persentase Rp3,6 dibanding  Rp5,1 miliar, persentasenya masih tertinggi di Glagah," lanjutnya.

Setelahnya, pos PAD sektor wisata disumbang dari Waduk Sermo dan sejumlah pantai lainnya, seperti Pantai Congot dan Pantai Trisik. Sementara untuk Gua Kiskendo yang masih memiliki proyek pembangunan, belum optimal tahun ini. Diharapkan Budi setelah revitalisasi amphitheatre bisa menciptakan daya tarik yang lebih masif di tahun mendatang. "Mudah-mudahan di tahun berikutnya bisa meningkat lah untuk Goa Kiskendo," kata dia.

Tahun 2023 ini, target PAD sektor pariwisata dipatok di angka Rp5,2 miliar. Untuk mencapai target tersebut Dinpar melakukan sejumlah upaya seperti menggelar event-event di pariwisata, kegiatan pentas atraksi budaya hingga langkah publikasi via media elektronik maupun baliho. Selain itu misi kebudayaan keluar daerah juga bakal dilakukan untuk menarik minat masyarakat luar daerah untuk berkunjung ke Kulonprogo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement