Advertisement

Libur Natal, Pantai di Gunungkidul Diserbu Belasan Ribu Wisatawan

David Kurniawan
Minggu, 25 Desember 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Libur Natal, Pantai di Gunungkidul Diserbu Belasan Ribu Wisatawan Ilustrasi puluhan perahu nelayan yang berjajar di Pantai Baron. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul — Kunjungan wisata di Gunungkidul mengalami kenaikan. Hal ini tak lepas adanya libur Natal sejak Sabtu (24/12/2022).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan memasuki libur akhir tahun ada peningkatan kunjungan wisata. Kawasan pantai masih menjadi primadona karena banyak pengunjung yang mendatangi lokasi ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Peningkatan sudah terlihat pada Sabtu. Dalam sehari, tercatat kunjungan sebanyak 13.062 orang. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kunjungan Sabtu (17/12/2022) hanya hanya 8.244  orang.

Meski demikian, untuk kunjungan pada Minggu (25/12/2022) belum bisa dipaparkan secara rinci. Dia berdalih data masih berada di masing-masing Tempat Pemungutan Retribusi, sedangkan perhitungan baru dilaksankaan pada Malam hari. “Kepastiannya menunggu habis Isya. Tetapi yang jelas, pengunjung masih banyak,” katanya.

Meski ada kenaikan, Aldian mengakui cuaca ekstrem yang terjadi sejak beberapa hari belakangan ikut memberikan pengaruh terhadap kunjungan wisata. “Tetap ada dampaknya karena di pesisir ada hujan deras dan angin kencang,” katanya.

BACA JUGA: Bupati Gunungkidul Dukung Pencabutan Status PPKM, Ini Alasannya

Dia berharap di sisa hari-hari terakhir di 2022, kondisi cuaca dapat bersahabat sehingga tingkat kunjungan wisata dapat lebih dioptimalkan. “Mudah-mudahan hingga pergantian tahun cuaca bisa cerah,” katanya.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan kunjungan wisata memang ada kenaikan bersamaan dengan libur Natal. Meski hujan sejak Minggu pagi, namun tidak mengurangi antusias warga untuk bermain ke pantai.

Hal ini terlihat dari tingkat kunjungan dari mulai Indrayanti hingga Baron banyak didatangi pengunjung. “Memang ramai, tapi untuk jumlah peningkatan petugas TPR yang tahu. Kami hanya membantu dalam pengawasan,” katanya.

Menurut dia, hingga Minggu siang tidak ada insiden berkaitan dengan pengunjung. Meski ada kenaikan gelombang, namun belum ada laporan kecelakaan yang melibatkan pengunjung. “Masih aman terkendali dan mudah-mudahan para pengunjung bisa selamat sampai rumah masing-masing,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Lengkap Daerah di Indonesia yang Wajibkan Beli BBM Subsidi Pakai MyPertamina

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement