Advertisement

Jelang Akhir Tahun, Kawasan Wisata Gunungkidul Mulai Dipadati Pengunjung

David Kurniawan
Senin, 19 Desember 2022 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Jelang Akhir Tahun, Kawasan Wisata Gunungkidul Mulai Dipadati Pengunjung Warga bermain Layang-Layang Naga dalam Festival Lare di area parkir Pantai Krakal, Kapanewon Tanjungsari. Minggu (25/9/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Memasuki liburan sekolah destinasi wisata di Gunungkidul mulai dipadari pengunjung. Di masa liburan ini, dinas pariwisata menargatken kunjungan sebanyak 148.305 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan, liburan sekolah mulai memberikan dampak terhadap peningkatan kunjungan wisata di Gunungkidul. Hal ini terlihat dari kunjungan pada Sabtu (17/12/2022). Dalam sehari ada pengunjung di destinasi wisata sebanyak 8.244 orang.

Advertisement

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan kunjungan Sabtu (10/12/2022) yang tercatat ada 8.072 pengunjung. Menurut dia, ramainya kunjungan wisata juga terlihat pada Minggu (18/12/2022).

Sejumlah pantai di kawasan pesisir seperti Baron, Kukup, Sadranan hingga Pulangsawal atau Indrayanti mulai dipenuhi pengunjung. Meski demikian, Aldian belum bisa memberikan data resmi kunjungan karena proses perekapan baru dilakukan pada sore hari.

“Ada peningkatan karena kawasan pantai mulai ramai dikunjungi wisatawan,” katanya, Minggu siang.

Menurut dia, tahun ini tidak ada cuti bersama untuk libur natal dan tahun baru. Meski demikian, pihaknya sudah mematok target kunjungan sebanyak 148.305 orang selama libur akhir tahun.

“Mudah-mudahan bisa terpenuhi sehingga menambah sektor pendapatan dari retribusi tiket masuk pariwisata,” katanya.

Ramainya kunjungan di awal libur sekolah dibenarkan oleh Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto. Menurut dia, kawasan pantai di Kapanewon Tepus ramai dikunjungi wisatawan.

BACA JUGA: Benda Asing Bersarang di Kepala Gadis 4 Tahun di Sleman, Polisi Curiga Penembakan

Meski demikian, ia memastikan untuk kondisi arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar dan belum ada tanda-tanda perlambatan laju kendaraan di area wisata. Jarwanto mengungkapkan, sudah menyiapkan personel guna membantu mengatur kelancaran pada saat terjadi kemacetan atau kepadaan arus kendaraan.

“Memang belum ada kepadatan, tapi kami terus bersiaga untuk menguraninya,” kata Jarwanto. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sapi Kurban Presiden Jokowi dari Bone Bernama Turbo, Milik Anggota TNI

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement