Advertisement

Langka, Rest Area Tol Jogja Bawen di Tempel Bisa Diakses dari Luar Tol

Sunartono
Kamis, 05 Januari 2023 - 20:52 WIB
Budi Cahyana
Langka, Rest Area Tol Jogja Bawen di Tempel Bisa Diakses dari Luar Tol Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJARest area Tol Jogja Bawen di Banyurejo, Tempel, Sleman, tidak hanya bisa diakses pengguna tol, tetapi juga pengendara di jalan umum.

Pengelola Tol Jogja Bawen PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) akan menambah satu rest area Tol Jogja Bawen di wilayah DIY yang bisa diakses dari dalam dan luar tol. Konsep rest area ini berbeda dengan di jalan tol lain.  

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepastian itu disampaikan oleh Direktur Utama PT JJB Dwi Winarsa Rabu (4/1/2023). Pemda DIY merespons positif rencana tersebut. Sebelumnya, rest area tidak memungkinkan dibangun di ruas Tol Jogja Bawen wilayah DIY yang panjangnya hanya 8,8 kilometer. Dwi Winarsa mengatakan rest area yang bisa diakses dari luar jalan tol membutuhkan kajian mendalam karena berbeda dengan konsep tol pada umumnya. 

“Ini tindak lanjut arahan dari Ngarso Dalem Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Gubernur DIY mengharapkan rest area yang bisa diakses dari dari dalam dan luar tol,” kata Dwi Winarsa.

Timnya masih mendiskusikan pembangunan rest area tersebut. Rest area yang bisa diakses dari luar tol diharapkan dapat meningkatkan peluang warga sekitar untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari tol. Sesuai kebijakan pemerintah, 70% rest area harus menyediakan peluang untuk pelaku ekonomi kecil menengah di wilayah sekitar tol.

BACA JUGA: Lahan Tol Jogja Bawen Resmi Bertambah, Ganti Rugi Siap Cair

“Tol Jogja Bawen punya tiga rest area, dan ada satu rest area tambahan khusus di Jogja. Kemungkinan di sekitar Banyurejo [Tempal, Sleman]. Mudah-mudahan ini bisa direalisasikan, nanti tergantung kajian,” ujarnya.

Dwi mengharapkan tol dapat meningkatkan perekomonian di DIY. 

"Baik melalui kunjungan pariwisata maupun pergerakan orang. Orang dari daerah lain masuk ke Jogja semakin cepat. Kunjungan wisatawan bertambah, tentu akan memberikan dampak ke idnustri, kuliner dan lainnya. Banyak hal bisa terdongkrak, potensi ekonomi,” ujarnya.

BACA JUGA: Pengerjaan Fisik Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Capai 18.76%

Pemda DIY menyambut positif dan senang dengan rencana tersebut.

“Kalau memang pengelola tol memiliki komitmen untuk membangun rest area yang bisa diakses dari luar dan dalam tol tentu kami menyambut baik. Ini sangat membahagiakan,” kata Kepala Bappeda DIY Beni Suharsono kepada Harian Jogja, Kamis (5/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement