Advertisement

Belum Genap Sebulan, Aspal di Kawasan Tugu Tobong Gunungkidul Sudah Rusak

David Kurniawan
Kamis, 05 Januari 2023 - 15:27 WIB
Bhekti Suryani
Belum Genap Sebulan, Aspal di Kawasan Tugu Tobong Gunungkidul Sudah Rusak Sejumlah pengendara melintas di jalan yang rusak di kawasan Bundaran Tugu Tobong Gamping di Bundaran Siyono, Kalurahan Logandeng, Playen pada Kamis (5/1/2022) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com,GUNUNGKIDUL– Penataan kawasan Bundaran Tugu Tobong Gamping di Siyono, Kalurahan Logandeng, Playen baru selesai pada 29 Desember 2022. Meski demikian, sekarang sudah ada kerusakan berupa aspal mengelupas dan ambles di sisi selatan bundaran.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan di sekitar lokasi aspal yang rusak telah ditandai dengan cat warna putih serta dipasang water barier. Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto mengatakan ada kerusakan aspal di sekitar lokasi tugu tobong gamping.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan informasi yang diterima di sekitar lokasi jalan yang rusak telah memakan korban. Meski tidak sampai menyebabkan korban jiwa, tapi sudah ada pengendara motor yang terjatuh.

“Informasinya terjadi pada saat hujan sehingga pengelihatan berkurang. Oleh karenanya, kami lakukan antisipasi agar jalur tetap aman dilalui,” kata Rakhmadian kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).

Menurut dia, tindakan yang dilakukan dengan cara mengecat warna putih di lokasi amblesan. Selain itu, juga dipasang water barier agar pengendara menghindari lokasi jalan yang rusak.

“Untuk proses perbaikan, kami serahkan sepenuhnya ke Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman [DPUPRKP], selaku OPD teknis yang menangani masalah jalan,” katanya.

Mantan Panewu Tanjungsari ini menambahkan, rencananya juga akan melakukan rekayasa arus lalu lintas dari arah Kyai Legi. Pengendara yang melaju dari jalur ini yang akan menuju Kota Wonosari dilarang berbelok secara langsung dan harus memutar melalui tugu tobong gamping.

“Masih kita matangkan dan pemberlakuan rencananya setelah perbaikan kerusakan selesai dilakukan,” katanya.

Kepala DPUPRKP Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan, penataan kawasan Bundaran Siyono selesai di akhir 2022. Total anggaran untuk kegiatan ini mencapai Rp8,4 miliar.

BACA JUGA: Banyak SPBU Dijual, Segini Kisaran Harganya, Berminat?

“Banyak program selain pemasangan ikon tugu tobong gamping, juga ada pembuatan jalur pedestrian yang dilengkapi dengan tempat duduk dan lampu penerangan,” katanya.

Irawan juga tidak menampik adanya titik jalan yang rusak di sekitar Bundaran Tugu Tobong Gamping. Ia berdalih kerusakan terjadi karena lokasi bekas tanah pembatas jalur lambat yang dihilangkan dalam proses penataan kawasan.

Rencananya di titik yang rusak akan dicor terlebih dahulu dengan cara membongkar aspal yang ada. “Dicor dulu supaya konstruksinya kuat. Perbaikan akan dilakukan secepatnya,” kata Irawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement