Advertisement

Kios di Jalan Perwakilan Malioboro Segera Dibongkar, Pedagang Diminta Ambil Barang yang Tertinggal

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 12 Januari 2023 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Kios di Jalan Perwakilan Malioboro Segera Dibongkar, Pedagang Diminta Ambil Barang yang Tertinggal Jalan Perwakilan, Jogja. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA Sekretaris Daerah (Sekda) DIY menyatakan kios di Jalan Perwakilan kawasan Malioboro yang akan dibangun menjadi Jogja Planning Gallery (JPG), akan segera dibongkar. Karena itu, pedagang diminta mengambil barang yang masih tertinggal di kios tersebut. 

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan pembongkaran kios pedagang di Jalan Perwakilan akan dilakukan segera. Pemda DIY akan membongkar kios tersebut bersama Pemkot Kota Jogja. Ia juga mengatakan, koordinasi dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat terkait pembongkaran tersebut juga telah dilakukan. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun demikian dia tak menyebutkan kepastian tanggal pembongkaran kios di lokasi strategis tersebut. “Ini segera [pembongkaran]. Yang namanya bongkar kan harus noto [menata] administrasi,” ucapnya, Kamis (12/1/2023).

Dia pun mengimbau pedagang untuk mengambil barang-barang yang masih tertinggal di kios tersebut. “Mohon kemarin yang menggunakan, kan masih ada barang-barang yang harus di-openi [dirawat]. Sayang kalau nanti rusak,” jelas dia.

BACA JUGA: AHY Buka Suara soal Cawapres Anies

Kadarmanta menyampaikan, pembangunan JPG akan dilakukan bertahap. Nantinya, pedagang di Teras Malioboro II akan dipindahkan ke area sekitar Teras Malioboro I. Selain itu, DPRD DIY pun akan dipindah. 

Hingga kini, sayembara desain JPG telah dilakukan. “Sayembara [untuk desain JPG] sudah kita lakukan. Dari sayembara, kita segera buat Detail Engineering Design [DED]. Kita sesuaikan dengan kesiapan kita memindah Teras Malioboro II. JPG kan setelah kita melakukan pemindahan Teras Malioboro 2 dan DPRD,” ucapnya. 

Kadarmanta mengatakan hingga kini, DED untuk DPRD DIY dilakukan tahun 2023. Namun, dia tak mengatakan kepastian waktu pemindahannya. “Kita lihat nanti, kan sudah masuk rencana,” terangnya. 

Sedangkan untuk Teras Malioboro II, Kadarmanta menyatakan pembebasan lahan sudah dilakukan. “Kalau Teras Malioboro II kan sudah kita mulai pembebasan lahan di sebelah Teras Malioboro I. Setelah pembebasan lahan, kita bangun di situ. Kita desain tempatnya sesuai tempat itu,” ucap Kadarmanta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siswi SMP di Klaten Jadi Korban Kekerasan Seksual hingga Ratusan Kali

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement