Advertisement

Pengadaan Lahan Kelok 18 JJLS Bantul Gunungkidul Rampung, Ini Tahapan Selanjutnya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 14 Januari 2023 - 08:47 WIB
Arief Junianto
Pengadaan Lahan Kelok 18 JJLS Bantul Gunungkidul Rampung, Ini Tahapan Selanjutnya Ilustrasi. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Proses pengadaan lahan untuk proyek Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) pada segmen Kretek-Girijati atau yang biasa disebut Kelok 18 di perbatasan Bantul Gunungkidul telah rampung.

Saat ini, proyek tersebut masih dalam proses tender. Nanti, pembangunan fisiknya akan dilakukan Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (Satker PJN) DIY Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Bidang Bina Marga DPUP-ESDM DIY, Kwaryantini menyampaikan pengadaan tanah untuk Kelok 18 telah rampung. “Pengadaan tanah sudah selesai tahun lalu,” terangnya. 

Saat ini, Kwaryantini menyampaikan Kelok 18 masih dalam tahap tender. “Saat ini Kelok 18, menurut informasi pusat saat ini sedang proses tender. Untuk pengadaan tanahnya kita sudah selesai. Untuk konstruksinya sedang proses tender menurut PJN,” ucapnya. 

BACA JUGA: Proyek Kelok 18 Segera Dilelang, Begini Desainnya

Pejabat Pembuat Komitmen Satuan Kerja (PPK Satker) PJN DIY Rokhmad Purnomo menyampaikan hal serupa. “Itu masih proses tender. Dari pihak kita juga masih menunggu. Dari pihak yang menenderkan, panitianya itu, kalau sudah ada hasilnya. Pembangunan fisik bisa kita tindak lanjuti,” terangnya. 

Rokhmad menyampaikan perkiraan tender tersebut akan selesai Januari ini. “Harusnya Januari, kecuali ada perubahan atau bagaimana,” ucapnya.  “Kalau sudah ada penyedia, bisa segera dimulai kalau tidak ada kendala lain,” imbuhnya. 

Rokhmad menyampaikan pembangunan fisik Kelok 18 diperkirakan akan selesai pada 2025. “Kalau lancar mungkin sekitar dua tahun, sampai 2025 [selesai pembangunan fisik]” ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement