Advertisement

Hadapi Tahun Politik, Polres Bantul Tingkatkan Kesiapsiagaan

Ujang Hasanudin
Senin, 16 Januari 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Hadapi Tahun Politik, Polres Bantul Tingkatkan Kesiapsiagaan Kapolres Bantul AKBP Ihsan. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi tahun politik dengan penebalan fungsi preventif khususnya Satsamapta dan Satlantas. Apel kesiapsiagaan digelar di halaman Mapolres Bantul, Jumat (13/1/2023) pekan lalu.

Sebagaimana diketahui tahun ini sudah memasuki tahapan pemilu 2024 mendatang yang akan digelar pada 14 Februari 2024. Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan bahwa apel yang digelar  dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kepolisian di lingkungan Polda DIY khususnya pada Satlantas dan Satsamapta jajaran Polres dan Polresta Polda DIY.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Apel ini digelar untuk mengecek sejauh mana kesiapan personel fungsi preventif atau pencegahan. Tugas fungsi preventif adalah melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya kejahatan,” katanya.  

BACA JUGA : Masuk Tahun Politik, MUI DIY Serukan Pemilu Damai Cegah

Menurutnya, angka kejahatan atau gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di tahun 2022 mengalami peningkatan. Dengan upaya pencegahan ini diharapkan angka kejahatan di tahun 2023 bisa menurun.

Dengan mengandalkan fungsi-fungsi preventif, lanjut Kapolres, yakni personel Satlantas melakukan pengaturan dan penjagaan di tempat-tempat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas serta rawan gangguan kamtibmas. Sehingga masyarakat bisa melihat kehadiran Polisi memberikan rasa aman.

“Kemudian, personel Satsamapta juga dihadirkan dengan kegiatan patroli ke tempat-tempat rawan gangguan Kamtibmas, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya gangguan Kamtibmas,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan bahwa apel tersebut juga sebagai kesiapan menghadapi tahun politik. Bahwa di tahun 2023 ini, agenda pemilu sudah mulai dilakukan tahap-tahap persiapan dan tahap-tahap inti.

BACA JUGA : Sambut Tahun Politik, KPU DIY Lakukan Sejumlah Upaya

“Ini [kerawanan tahapan pemilu] juga menjadi sasaran kami nantinya dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi preventif untuk melakukan pencegahan dan antisipasi dini, sehingga diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement