Advertisement

Demi Bisa Bobol Brankas, Pencuri Rela Menginap di Tenant

Triyo Handoko
Jum'at, 20 Januari 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Demi Bisa Bobol Brankas, Pencuri Rela Menginap di Tenant Suasana ungkap kasus di Polsek Danurejan dengan menunjukan barang bukti berupa brankasyang dibobol pelaku pencurian tersebut, Jumat (20/1/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pelaku pencurian uang dalam brankas di salah satu tenant yang ada di Malioboro Mall berhasil ditangkap polisi. Pelaku yang menggasak Rp7,5 juta tersebut melakukan aksi pencuriannya pada Jumat (13/1/2023). Saat beraksi, pelaku bahkan sempat menginap di ruang tenant tersebut sejak Kamis (12/1/2023) malam.

Penangkapan dilakukan oleh Polsek Danurejan berhasil menangkap pelaku pada Selasa (17/1/2023). Modus yang dilakukan pelaku berinisial SRH ini dengan berpura-pura jadi pembeli.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Setelah berpura-pura jadi pembeli, SRH lalu menyelinap masuk ke dalam ruang tenten saat gerai tersebut hendak tutup. Penjaga tenant tak menyadari hal tersebut, lalu SRH yang sudah menyiapkan obeng dan perkakas lain membongkar brankas penyimpanan uang saat semua karyawan tenant tersebut pulang dan Malioboro Mall tutup.

Kapolsek Danurejan Kompol Heribertus Aan Andriyanto menjelaskan pihaknya mendapat laporan pencurian tersebut pada Jumat pagi. “Kami langsung olah tempat kejadian perkara, ada rekaman CCTV di sana lalu itu jadi alat bukti penyelidikan karena ada pelaku yang teridentifikasi,” katanya, Jumat (20/1/2023).

BACA JUGA: Pencuri Motor di SMAN 1 Wates Tertangkap di Karanganyar

Aan menyebut dari rekaman CCTV tersebut pihaknya langsung mencari pelaku. “Selasa kemarin pelaku kami berhasil tangkap dan ada barang bukti yang kami sita yang digunakan pelaku untuk mencuri tersebut,” jelasnya.

Barang bukti yang disita Polsek Danurejan, jelas Aan, antara lain tang potong, palu, tali band, dan tas yang digunakan pelaku untuk membawa kabur uang curiannya. “Pelaku ditangkap di daerah Kulonprogo dan pelaku mengakui perbuatannya,” ujarnya.

Kepala Humas Polresta Jogja AKP Timbul Sasana Raharja yang mendampingi Kapolsek Danurejan saat ungkap kasus tersebut meminta masyarakat luas khususnya pelaku usaha untuk berhati-hati. “Pelaku sampai bisa menyelinap masuk dan menginap di gerainya, jadi tolong juga hati-hati terutama untuk pembeli yang mencurigakan,” katanya.

Kasus pencurian di tempat usaha, jelas Timbul, bukan kali ini terjadi di Jogja pada awal tahun. “Jika ada pencurian atau mengetahuinya kami minta untuk segera melapor ke polsek setempat atau bisa langsung ke Polres Jogja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Penyebab Parahnya Gempa Bumi di Turki dan Suriah

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement