Advertisement

Baru Awal Tahun, Pencurian di Bantul Sudah Merebak

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 06 Januari 2023 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Baru Awal Tahun, Pencurian di Bantul Sudah Merebak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul mencatat terjadi tren kenaikan kasus pencurian di awal tahun 2023.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana, mengatakan pekan pertama tahun 2023 telah terjadi belasan kasus pencurian. Kasus pencurian yang terjadi diantaranya seperti pencurian motor (curanmor), kasus pencurian dengan sasaran rumah kosong, indekos, dan rumah toko (ruko) sering terjadi.

Advertisement

“Total ada 16 kasus pencurian yang terjadi dalam kurun tanggal 1 hingga 5 Januari,” kata Jeffry dihubungi pada Jumat, (6/1/2023).

Kata Jeffry, dari 16 kasus pencurian tersebut, empat di antaranya merupakan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) roda dua. Terbaru, Polres Bantul menerima laporan kasus curanmor pada Kamis, 5 Januari 2023 yang terjadi di wilayah Kapanewon Piyungan.

Korban bernama Sulistiyono, 40, tersebut kehilangan sepeda motor Honda Beat miliknya yang dia parkirkan di depan rumahnya.

“Seringkali hilangnya barang dikarenakan kelalaian korban yang kurang menjaga barang berharga miliknya. Seperti motor yang ditinggal dalam kondisi tidak dikunci ganda atau handphone yang tertinggal di dashboard motor atau juga membiarkan kamar kos dalam keadaan tidak terkunci saat meninggalkan atau saat pemilik tidur,” katanya.

BACA JUGA: Pemkab Sleman Panggil Pengembang Perumahan di Lokasi Longsor yang Tewaskan 2 Warga

Jeffry mengimbau agar masyarakat memasang kunci ganda dan apabila memungkinkan dapat memasang alarm untuk menghambat proses terjadinya pencurian. Selain itu, kendaraan dapat diparkir di tempat aman dan mudah terpantau.

Dengan tingginya kasus pencurian dalam rentang lima hari di minggu pertama tahun 2023, Polres Bantul kemudian mengintensifkan patrol dan memetakan daerah yang dinilai rawan pencurian.

Rincian data kasus pencurian awal minggu bulan Januari 2023 tersebut antara lain tiga kasus, masing-masing di Kasihan, Kretek, dan Imogiri. Lalu, dua kasus di Piyungan dan satu kasus, masing-masing di Bambanglipuro, Banguntapan, Sanden, Bantul, Sedayu.

"Patroli keliling terus kami intensifkan untuk meminimalisir terulangnya kejadian serupa. Jajaran juga diperintahkan agar mengaktifkan Kring Serse yaitu dengan melakukan langkah pencegahan dan antisipasi kepolisian terhadap tindak kejahatan," ucapnya.

Selain itu, Polres Bantul juga membuat stiker dan spanduk berisi imbauan agar masyarakat lebih waspada terhadap barang berharga miliknya. Kemudian, kata Jeffry, masyarakat juga dapat berpartisipasi menjaga kemanan dengan melakukan Siskamling di lingkungan masing-masing.

“Aktifkan kembali kegiatan ronda malam di lingkungan masing-masing,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 40 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement