Advertisement

Atap Bocor, Pasar Bantul Segera Direhab dengan Anggaran Rp1,5 Miliar

Andreas Yuda Pramono
Senin, 23 Januari 2023 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Atap Bocor, Pasar Bantul Segera Direhab dengan Anggaran Rp1,5 Miliar Pedagang sembako di Pasar Bantul, Selasa (11/5/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pasar Bantul segera direhab lagi karena sebagian atapnya bocor. Anggaran perbaikan mencapai Rp1,5 miliar.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian Perdagangan (DKUKMPP) Bantul berencana melanjutkan rehabilitasi Pasar Bantul pada tahun 2023. Rehabilitasi per segmen dilakukan sejak 2018.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Bidang Sarana Perdagangan DKUKMPP Bantul, Arum Bidayanti, mengatakan Pasar Bantul akan diperbaiki menggunakan anggaran murni sebesar Rp1,5 miliar.

BACA JUGA: Kronologi Perempuan Tersesat Dinihari di Hutan Gunungkidul Gara-gara Google Maps

“Ada satu pasar rakyat yang kami rehab menggunakan anggaran murni kami yaitu Pasar Bantul. Itu rehab besar hingga menelan anggaran Rp1,5 miliar,” kata Arum dihubungi pada Senin, (23/1/2023).

Rehabilitasi tersebut menyasar area segmen dua Pasar Bantul bagian utara. Menurut Arum, pada 2018, Pasar Bantul telah diperbaiki toral di bagian atapnya maupun landscape. Namun, perbaikantersebut baru mencapai sekitar 65% dari area segmen dua.

“Nah, yang 35 persen ini belum terjangkau. Atapnya masih pada bocor. Landscape-nya rusak, begitu pun dengan drainasenya,” katanya.

Arum mengatakan DKUKMPP akan fokus terlebih dahulu pada rehabilitasi Pasar Bantul. Jawatannya juga akan menyelesaikan pembayaran retribusi dengan e-retribusi. Apabila sistem pembayaran menggunakan e-retribusi tersebut sudah selesai, DKUKMPP akan mempromosikan pasar.

“E-retribusi di pasar di Kabupaten Bantul  belum semuanya. Dari 32 pasar, kami baru bisa menjangkau atau menyelesaikan e-retriburi di 25 pasar. Itupun masih di area kios. Sementara di area los, pedagang yang sudah menggunakan e-retribusi baru ada di dua pasar,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement