Advertisement

Sukarelawan Lembaga Pengembangan Demokrasi Perlu Jalani Psikotes

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 28 Januari 2023 - 17:27 WIB
Sunartono
Sukarelawan Lembaga Pengembangan Demokrasi Perlu Jalani Psikotes Ilustrasi demokrasi. - nigerianeye.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan volunteer atau sukarelawan dan pengurus Lembaga Pengembangan Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Ademos Indonesia mengikuti psikotes. Langkah ini dilakukan agar masing-masing volunteer dan pengurus bisa ditempatkan sesuai bidangnya.

Direktur Ademos Indonesia, Muhammad Kundori mengatakan tujuan psikotes ini untuk mengetahui minat dan bakat para pengurus dan volunteer Ademos sesuai dalam bidangnya. "Ketika mereka berada di pos atau divisi tertentu, pilihan mereka tidak keliru. Mereka pun dapat mengembangkan potensinya dengan optimal sesuai dengan minat dan bakatnya," kata usai kegiatan, Sabtu (28/1/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Pemilu 2024 Wajib Menjadi Pesta Demokrasi yang Berbudaya

Psikotes tersebut bermula dari kegelisahan para pengurus yang mengaku belum optimal dalam mengembangkan potensi minat dan bakat pada diri mereka. Mereka kerap kali kurang bersemangat ketika menjalankan aktivitas sehari-hari. "Semangat dan daya juang mereka sering menurun. Padahal, mereka ingin sekali mengembangkan potensinya agar kelak bisa meraih sukses seperti orang lain," katanya.

Ia berharap, hasil assessmen psikotes tersebut dapat menjadi stimulan bagi para pengurus dan sukarelawan dalam menjalankan tugas dan aktivitasnya sehari-hari. "Kami berharap mereka dapat berdaya dan mengembangkan potensinya dengan optimal dalam bidang ekonomi sesuai dengan cita-citanya," katanya. 

Kundori berharap lembaganya ikut serta meningkatkan kualitas demokrasi pedesaan melalui pengembangan good govermance dan partisipasi masyarakat dalam isu-isu publik. “Ademos Indonesia juga memiliki cita-cita meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan kapasitas ekonomi masyarakat pedesaan yang berkualitas, merata dan berkelanjutan," ujar Kundori.

Dewan Pengawas Ademo Indonesia, Profesor Pratikno menambahkan lembaga ini dibentuk untuk mendukung lembaga pemerintahan dan bisnis dalam meningkatkan peran desa sebagai basis pengembangan demokrasi. Juga, peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan bersinambungan.

BACA JUGA : DIY Ingin Terapkan Demokrasi Modern, seperti Apa Bentuknya?

Manajer Kanta Digital Konsultan Psikologi Amin Al-Adib mengatakan ada berbagai tips bagaimana cara mengenali potensi pengembangan diri. Mulai dari mengenali karakter dan kepribadian para audiens. Setiap organisasi dan lembaga, karakter dan kepribadian masing-masing pengurus dan anggotanya tentu berbeda-beda. 

"Jangan jadikan perbedaan itu sebagai hambatan. Sebaliknya, perbedaan itu sebuah keniscayaan. Kuncinya adalah saling memahami, mengerti, dan menyadari satu sama lain. Kami bisa saling bersinergi dan berkolaborasi sesuai dengan keahlian yang kita miliki,” ujar dosen Psikologi Universitas Proklamasi 45 Jogja ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Dinkes DIY Mewaspadai Sebaran Flu Singapura

Dinkes DIY Mewaspadai Sebaran Flu Singapura

Jogjapolitan | 59 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Video Viral Kejadian Unik, Truk Melaju Tanpa Sopir di Tol Kalikangkung Semarang

News
| Kamis, 18 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement