Advertisement

Delegasi ATF Mulai Berdatangan ke Jogja

Abdul Hamied Razak
Rabu, 01 Februari 2023 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Delegasi ATF Mulai Berdatangan ke Jogja Bobby Ardyanto Setyo Ajie/ Ist. - dok. Pribadi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Persiapan pelaksanaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2-5 Februari 2023 di DIY sudah final. Beberapa delegasi dari sejumlah negara sudah tiba di DIY.

Sekretaris Panitia AFT 2023, Bobby Ardianto mengatakan sebagian delegasi peserta ATF maupun Travel Exchange (Travex) di JEC sudah mulai berdatangan. Penyambutan para delegasi dilakukan sejak dari Airport YIA. "Paling banyak delegasi dan buyers datang pada 2 Februari, sekitar 60% sisanya datang pada 3 Februari. Seluruh venue sudah siap 100%," kata Bobby kepada Harianjogja.com, Rabu (1/2/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, booth-booth di Hall C dan B serta persiapan pembukaan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif di Travex ATF 2023 di Hall A pada 2 Februari juga sudah dinyatakan siap.

"Pameran UMKM Ekonomi Kreatif di Travex ATF 2023 ini akan dibuka secara resmi oleh Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nur Asia Sandiaga Uno bersama GKR Hemas pada hari ini. Semua produk UMKM yang sudah dikurasi sudah disiapkan di hall A," katanya.

Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY ini mengatakan, pameran UMKM Ekraf tersebut terbuka untuk umum. Selain pameran produk UMKM dan Ekraf, pengunjung juga akan disuguhi berbagai macam performance art. Bobby meyakini, masyarakat akan banyak mengunjungi even tersebut karena kegiatan sudah tersosialisasi dengan baik. 

Meski begitu, pihaknya belum bisa memperkirakan nilai transaksi selama pameran berlangsung. Hanya saja, para buyers dan delegasi ATF diberikan fasilitas ongkir gratis. "Kalau berbelanja di sana, buyers-buyers baik dalam maupun luar negeri tidak lagi memikirkan ongkos kirim. Karena ongkir dikover oleh SiBakul. Yang dikover free ongkir itu hanya yang terlisting di undangan, buyers, delegasi ATF," katanya.

Dibuka Presiden

Bobby mengatakan, pembukaan kegiatan ATF akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Candi Prambanan pada 3 Februari. Opening cerimony akan diikuti oleh para menteri pariwisata negara-negara ASEAN dan sejumlah negara lainnya, para delegasi dan tamu-tamu penting ATF 2023. Para tamu ATF saat pembukaan, akan disuguhi tarian 1000 Dolalak.

BACA JUGA: Viral Gibran Diminta Mengaspal Jalan Godean, Begini Klarifikasi Pemda DIY

"Lokasi pembukaan ATF nya di Open Theater Prambanan, outdoor. Mestinya ada rekayasa cuaca, mudah-mudahan kondusif cuaca, tidak hujan. Kalaupun cuaca tidak bersahabat, tentu akan ditarik ke indoor," harapnya.

Bobby menjelaskan, pengaturan lalu lintas para delegasi tidak akan mengganggu masyarakat. Seperti yang diterapkan saat kegiatab G20 dan pernikahan Kaesang. Dia berharap, masyarakat mendukung dan terlibat aktif pelaksanaan AFT serta menjadi tuan rumah yang baik dan bertanggung jawab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement