Advertisement

Amankan ATF, Puluhan Polisi Disiagakan sejak YIA hingga Jembatan Bantar

Catur Dwi Janati
Rabu, 01 Februari 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Amankan ATF, Puluhan Polisi Disiagakan sejak YIA hingga Jembatan Bantar Kapolres Kulonprogo, AKBP Muharomah Fajarini (ketiga dari kiri) mengecek kesiapan pengamanan di YIA, Rabu (1/2/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Sehari menjelang gelaran ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, Polres Kulonprogo terus mengintensifkan pengamanan di Yogyakarta International Airport (YIA) dan sekitarnya. Sebagai salah satu pintu utama kedatangan para delegasi ATF 2023, puluhan personel disiagakan dari YIA hingga Jembatan Bantar.  

Kapolres Kulonprogo, AKBP Muharomah Fajarini menegaskan bila Polres Kulonprogo akan melakukan pengamanan di area YIA dalam gelaran ATF 2023. Salah satu lokusnya ialah pengaman saat kedatangan para peserta ATF nantinya.

Advertisement

Pemantauan kesiapan pengamanan para petugas dilakukan pada Rabu (1/2/2023) langsung dipimpin AKBP Fajarini.

Dia mengecek kesiapan pengamanan yang dilaksanakan oleh anggota Polres Kulonprogo yang bertugas di lapangan. Pasalnya petugas akan disiagakan mulai di area bandara sebagai tempat kedatangan delegasi peserta ATF hingga di sepanjang jalur rute perjalanan delegasi menuju ke JEC.

Dijelaskan Fajarini ada dua skema pengamanan yang diterapkan nantinya, meliputi skema pengaman terbuka dan skema pengamanan tertutup.

Skema pengamanan terbuka yakni dengan menyiagakan pasukan berseragam dinas, sedangkan skema pengamanan tertutup dilakukan dengan mengerahkan petugas berpakaian preman.

BACA JUGA: YIA Siap Sambut Pesawat Carteran Delegasi ATF 2023

"Kami juga akan menyiapkan pengamanan pengamanan terbuka dan tertutup dengan kekuatan 65 personel yang bersiaga dalam rangkaian kegiatan ATF 2023 di beberapa lokasi wisata alam dan kuliner di Kulonprogo. Pengamanan ini untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan asing," terangnya

"Polres Kulonprogo mengerahkan 78 personel untuk melaksanakan pengamanan dan pengawalan jalur sampai dengan Jembatan Bantar. Semua tamu yang berkaitan dengan ATF baik dari dalam maupun luar negeri akan dikawal sampai  selesai kegiatan meninggalkan wilayah Kulonprogo," tegasnya.

Tidak hanya berjaga di sejumlah titik, unit patroli yang bergerak secara mobil di rute perjalanan delegasi ATF juga dikerahkan. "Selain menerjunkan anggota yang bertugas pengamanan di sepanjang jalan, Polres Kulonprogo juga menerjunkan unit patroli sepanjang jalur lintasan yang dilalui," ucap dia.

Gelaran ATF 2023 akan berpusat di JEC mulai pada 2-5 februari 2023. Selepas itu sejumlah delegasi ATF di JEC direncanakan akan bervakansi di Kulonprogo.

Pada Minggu (5/2/2023), sejumlah delegasi akan mengikuti agenda Nanggulan Fun Cycling. Para delegasi ATF bakal menempuh parjalanan sepeda sejauh 11 kilometer dengan start dan finis di Moana Basecamp Nanggulan, dilanjutkan kunjungan di beberapa tempat wisata di Bumi Menoreh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement