Advertisement

Viral Gibran Diminta Mengaspal Jalan Godean, Begini Klarifikasi Pemda DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 01 Februari 2023 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Viral Gibran Diminta Mengaspal Jalan Godean, Begini Klarifikasi Pemda DIY Sejumlah pengguna sepeda motor di Jalan Godean, Balai Desa Sidoarum, Godean dihentikan untuk operasi yustisi yang diadakan oleh Satpol PP Sleman pada Senin (30/7/2018). - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalan Godean, Sleman, viral karena salah salah satu netizen meminta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk mengaspal jalan tersebut. Padahal jalan ini bukan berada di wilayah Solo. Menanggapi permintaan itu, Gibran pun menanyakan lokasi jalan tersebut. 

Jalan Godean yang berada di Kabupaten Sleman memang kerap kali rusak dan sempat ditambal aspal beberapa kali. Sejumlah warga di DIY pun telah beberapa kali meminta pemerintah untuk memperbaikinya. 

Advertisement

Dihubungi melalui telepon, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PU-ESDM) DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri menyebut Jalan Godean berstatus Jalan Provinsi DIY. Adapun penanganan jalan tersebut tahun ini menggunakan dana pemeliharaan rutin. “Tahun 2023 yang kami lakukan sebatas pemeliharaan rutin,” katanya, Rabu (1/2/2023).

Sedangkan penanganan yang sifatnya rekonstruksi, hingga kini telah diusulkan penganggarannya. Dia menyampaikan diperlukan anggaran yang besar untuk penanganan rekonstruksi Jalan Godean. “Perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk rekonstruksi jalan kurang lebih 7 miliar per km [kilometer],” katanya.

Dia menyampaikan, anggaran penanganan Jalan Godean telah diusulkan setiap tahunnya, namun untuk penanganan rekonstruksi diperlukan anggaran yang besar, sehingga belum dapat dilakukan tahun ini.

“Setiap tahunnya sudah kami usulkan, tapi karena anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan rekonstruksi sepanjang ruas Jalan Godean, cukup besar, tentunya hal ini akan memberatkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), sehingga kami berharap meskipun dilaksanakan secara bertahap proses penganggarannya, mudah-mudahan di tahun depan usulan kami bisa disetujui,” katanya.

“Artinya ada alokasi anggaran setiap tahunnya, sehingga harapannya sepanjang ruas jalan tersebut bisa tertangani semua,” imbuhnya.

BACA JUGA: Viral Gibran Rakabuming Diminta Warganet Mengaspal Jalan Godean Sleman

Sebelumnya, Dinas PUP ESDM DIY telah mengajukan anggaran penanganan Jalan Godean menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) DIY, namun karena tidak termasuk Satuan Ruang Strategis (SRS) keistimewaan sehingga tidak dapat ditangani menggunakan dana tersebut. Selain itu, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) juga telah diajukan. Namun karena fokus DAK pada ruas jalan menuju Yogyakarta International Airport (YIA) sehingga pengajuan tersebut tidak berhasil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement