Advertisement

Sukses Garap Tol Jogja Solo Senilai Rp7,8 Triliun, Adhi Karya Bidik Potensi Tol Demak-Tuban

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Senin, 06 Februari 2023 - 08:17 WIB
Sunartono
Sukses Garap Tol Jogja Solo Senilai Rp7,8 Triliun, Adhi Karya Bidik Potensi Tol Demak-Tuban Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya. - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) tengah mengkaji potensi dari tender proyek Tol Demak-Tuban senilai Rp55,7 triliun. Adhi saat ini sedang mengerjakan proyek tol Jogja-Solo dengan tender senilai Rp7,8 triliun. 

VP Corporate Secretary ADHI Farid Budiyanto mengatakan saat ini masih fokus untuk mengejar target pada beberapa proyek tol di Jabodetabek. Selain itu, ADHI juga fokus pada pengerjaan Jogja-Solo.

Advertisement

“Sejauh ini kami masih mengkaji potensi dari ruas Tol Demak-Tuban,” ujar Farid kepada JIBI/Bisnis, Minggu (5/2/2023).

BACA JUGA : Ada 4 Simpang Susun di Tol Jogja-YIA, Ini Titik Lokasi

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), proyek jalan tol Demak-Tuban termasuk dalam daftar proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang akan digarap pada tahun ini.

Jalan Tol Demak-Tuban akan dibangun sepanjang 179,55 kilometer. Nantinya jalan tol ini akan menghubungkan 2 provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kementerian PUPR menargetkan proses tender proyek Tol Demak-Tuban dapat dilaksanakan pada tahun ini.

Berdasarkan data perseroan per September 2022, ADHI tercatat memiliki 174 proyek yang sedang berjalan. Adapun 72 persen proyek tersebut terletak di Pulau Jawa, dan 28 persen proyek berasal dari luar Pulau Jawa.

Kemudian 74 persen dari proyek tersebut berasal dari engineering & konstruksi, 22 persen dari properti & hospitaliti, dan 4 persen untuk proyek lainnya.

Proyek yang menjadi sorotan ADHI di Jabodetabek adalah pembangunan MRT Jakarta paket CP201 senilai Rp1,4 triliun, dan paket CP202 senilai Rp2,8 triliun.

BACA JUGA : Ini Alasan Pembangunan Tol Jogja YIA Didahulukan

Pembangunan CP201 atau Stasiun Thamrin dan Monas fase 2A telah mencapai 50,18 persen per Desember 2022. Kemudian CP202 atau Stasiun Harmoni-Mangga Besar-Sawah Besar telah mencapai 8,74 persen per Januari 2023.

Sementara untuk pengerjaan proyek Tol Jogja Solo memiliki nilai investasi sebesar Rp7,8 triliun. Dalam proyek ini, ADHI mengerjakan konstruksi seksi 1.1 dan seksi 2.2. Adapun pengerjaan seksi 1.1 telah mencapai 45,9 persen.

Tol Jogja Solo akan menghubungkan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pada tahap I pembangunan terdiri dari seksi 1.1 Kartasura-Klaten sejauh 22,3 kilometer, seksi 1.2 Klaten-Purwomartani 20,08 kilometer.

Kemudian pengerjaan seksi 2.1 Purwomartani-Maguwoharjo sepanjang 3,63 kilometer dan sebagian dari Seksi 2.2 Trihanggo-Junction Sleman 3,25 kilometer.

ADHI juga telah mendapatkan jaminan pendanaan melalui kredit sindikasi senilai Rp9,89 triliun untuk proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo.

Kredit diberikan kepada badan pengelola, yakni PT Jogja Solo Marga Makmur (PT JMM). Adapun JMM selaku badan usaha pengelola jalan tol tersebut, telah memperoleh fasilitas kredit sindikasi senilai Rp9,89 triliun.

Fasilitas kredit sindikasi ini didukung oleh para bank yang terdiri dari Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA selaku joint mandated lead arranger & bookrunner-MLAB, bersama dengan lembaga pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrasturktur (Persero), dan 9 Perbankan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement