Advertisement

Pembuangan Sampah ke Depo di Sleman Masih Lebih Longgar

Anisatul Umah
Selasa, 07 Februari 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Pembuangan Sampah ke Depo di Sleman Masih Lebih Longgar Petugas sedang membuang sampah di depo Nologaten, Selasa (7/2/2023). Anisatul Umah - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Depo sampah di Kabupaten Sleman masih menerima sampah yang dibuang masyarakat secara perorangan meski bukan domisili Sleman.

Salah satu driver di depo sampah Nologaten, Ales mengatakan pembuangan sampah perorangan akan diterima jika hanya sesekali, apabila setiap hari akan ditolak.

Advertisement

Berbeda dengan depo sampah Kota Jogja, seperti di lapangan Karang Kotagede. Di depo tersebut mulai ada pencatatan. Masyarakat yang membuang sampah akan ditanya domisilinya. Jika masuk Bantul meski lebih dekat ke kota akan diarahkan membuang ke Bantul.

"Kalau ada yang bawa satu sampai dua tas plastik enggak setiap hari pas lewat ya enggak masalah. Kalau setiap hari gak boleh. Soalnya retribusi kami gak bisa itung," ucapnya ditemui di depo sampah Nologaten, Selasa (7/2/2023).

BACA JUGA: Masalah Sampah Tak Kunjung Usai, Masyarakat Perlu Memilah Sampah di Rumah

Dia menjelaskan sampah ke depo Nologaten biasanya diangkut menggunakan gerobak. Di mana gerobak yang membuang sampah ke depo sudah tercatat dengan ukuran gerobak yang telah ditentukan.

"Gerobak diukur berapa tinggi dan lebarnya. Tinggal ngasih kubikasi, nah jadi retribusi. Dicatat tetapi kami gak mencatat setiap hari karena kami sudah sudah hafal bapaknya [pengangkut sampah] dan dari mana," jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, Epiphana Kristiyani menyampaikan terkait pencatatan masih akan dibicarakan dengan seksi persampahan, Kabid dan UPT Persampahan "Saya harus bicarakan dulu," kata Epi.

Bangun TPST

Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman, Harda Kiswaya menyampaikan satu Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) akan terbangun tahun ini, berlokasi di Tamanmartani, Kapanewon Kalasan. Sementara untuk TPST di Minggir belum jadi dibangun karena anggaran di-cancel dari Pemerintah Pusat.

"Kan ngragati [yang membiayai] Pusat. Kalau di Kalasan kan APBD jalan terus, mudah-mudahan tahun ini bisa selesai," harapnya.

Menurutnya ada empat TPST yang akan dibangun, yakni di Caturtunggal, Turi, Minggir, dan Kalasan. Untuk TPST di Minggir menurutnya tempatnya sudah ada. "Sebenarnya kalau lancar ya dua [TPST] karena DAK nya mandek ya kami bicara lagi. Dari Kementerian PU."

Lebih lanjut Harda menyampaikan, ke depan akan ada teknologi pengolahan sampah yang disiapkan. Sampah akan diolah sehingga residunya bisa ditekan.

"Kalau berkaca dari volume sampah gak bisa secara masif, oh berkurang sekian karena bergantung pada perilaku masyarakat," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement