Advertisement

Banjir Menerjang Gunungkidul! Sejumlah Sekolah Ditutup, Siswa Belajar dari Rumah

David Kurniawan
Selasa, 14 Februari 2023 - 10:07 WIB
Bhekti Suryani
Banjir Menerjang Gunungkidul! Sejumlah Sekolah Ditutup, Siswa Belajar dari Rumah Kondisi banjir yang menggenangi SDN Pucung di Kalurahan Pucung, Girisubo, Gunungkidul pada Selasa (14/2/2023) - Istimewa/Tagana Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Banjir di wilayah Kapanewon Girisubo terdampak ke tiga sekolah. Dinas Pendidikan Gunungkidul memutuskan untuk sementara para siswa belajar di rumah secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Nunuk Setyowati mengatakan, sekolah yang terdampak banjir di Girisubo di antaranya SD Negeri Pucung, SD Negeri 1 Kandri di Kalurahan Pucung. Sedangkan di SMP Negeri 1 Girisubo di Kalurahan Jerukwudel juga ikut tergenang.

Advertisement

“Untuk sementara ada tiga sekolah. Hingga saat ini, kami juga masih mendata adanya potensi sekolah lain yang terdampak cuaca ekstrem,” katanya kepada wartawan, Selasa (14/2/2023).

Meski tergenang, Nunuk memastikan belum ada laporan kerusakan karena baru sebatas genangan di area sekolah. tindak lanjut dari musibah ini, para siswa di ketiga sekolah belajar daring di rumah masing-masing.

“Untuk daring melihat perkembangan dari banjir. Mudah-mudahan cepat surut sehingga mulai besok [Rabu 15/2/2023] bisa kembali belajar di sekolah,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, ada sejumlah titik banjir di Girisubo. Adapun penyebabnya dikarenakan hujan deras yang mengguyur sejak Senin (13/2/2023).

BACA JUGA: Pembayaran Ganti Rugi Ratusan Bidang Lahan Tol Jogja di Prambanan Belum Ada Kepastian

Di sisi lain, luweng yang biasanya menjadi saluran pembuangan tersumbang hingga akhirnya meluap ke rumah warga hingga mengenai sekolahan. “Luweng tidak mampu menampung air sehingga meluap ke lingkungan sekitar,” katanya.

Sumadi mengatakan terus melakukan pendataan terkait dengan dampak dari cuaca ekstrem yang terjadi di Gunungkidul. “Tim lapangan masih melakukan pendataan. Tapi, sampai sekarang tidak ada laporan korban jiwa,” katanya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement